Penulis Utama : Ratna Ayu Suminar
NIM / NIP : K4216057
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan citra wanita tokoh Raden Ayu Bratapranata dalam novel Ibu karya Poerwadhie Atmodiharjo, nilai-nilai pendidikan pada tokoh Raden Ayu Bratapranata dalam novel Ibu karya Poerwadhie Atmodiharjo, dan relevansi novel Ibu karya Poerwadhie Atmodiharjo sebagai bahan ajar kelas XI tingkat SMA.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan feminisme. Sumber data dalam penelitian ini terdapat dua jenis yaitu dokumen dan informan. Sumber data jenis dokumen terdiri dari novel Ibu karya Poerwadhie Atmodiharjo, jurnal dan buku referensi, kamus, dan silabus kurikulum 2013. Adapun sumber data jenis informan meliputi siswa dan guru mata pelajaran bahasa Jawa kelas XI  serta pakar sastra pada bidang novel. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan analisis dokumen dan teknik wawancara. Peneliti menggunakan model analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Simpulan dari hasil penelitian ini meliputi citra wanita tokoh Raden Ayu Bratapranata dalam novel Ibu karya Poerwadhie Atmodiharjo berupa citra merak-ati, gemati, dan luluh; nilai-nilai pendidikan pada tokoh Raden Ayu Bratapranata dalam novel Ibu karya Poerwadhie Atmodiharjo meliputi nilai pendidikan agama atau religius, nilai pendidikan sosial, nilai pendidikan moral atau etika, dan nilai pendidikan budaya; serta novel Ibu karya Poerwadhie Atmodiharjo dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar kelas XI tingkat SMA karena memuat nilai pendidikan yang baik untuk diteladani oleh siswa.

Kata Kunci : feminisme, citra wanita, novel Ibu karya Poerwadhie Atmodiharjo, nilai pendidikan, pembelajaran bahasa Jawa SMA

 

×
Penulis Utama : Ratna Ayu Suminar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4216057
Tahun : 2020
Judul : Feminisme dan Nilai Pendidikan Tokoh Raden Ayu Bratapranata dalam Novel Ibu Karya Poerwadhie Atmodiharjo Serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Kelas XI Tingkat SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Prog Studi Bahasa Jawa-K4216057-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Waluyo, S.S., M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.