Penulis Utama : Septi Annisa Hanifiah
NIM / NIP : K4216060
×

Abstrak

Buku teks merupakan buku yang digunakan sebagai acuan atau sumber belajar bagi para siswa. Maka dari itu, penyusunan buku teks harus diperhatikan sesuai dengan standar kurikulum yang berlaku. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan materi, kelayakan penyajian, dan kelayakan bahasa pada buku teks Widya Adi Basa Jawi Untuk Kelas VIII Terbitan Tiga Serangkai.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan desain penelitian yaitu analisis isi. Data yang diteliti dalam penelitian ini adalah data kelayakan materi, penyajian, dan bahasa. Sumber data adalah informan dan dokumen. Informan tersebut adalah pakar buku teks, beberapa guru bahasa Jawa, dan beberapa siswa. Dokumen diambil dari buku teks Widya Adi Basa Jawi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik analisis dokumen dan wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi teori. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks Widya Adi Basa Jawi Untuk Kelas VIII Terbitan Tiga Serangkai dari aspek kelayakan materi mendapatkan persentase 87,3 % termasuk dalam kategori layak, aspek kelayakan penyajian mendapatkan persentase 86,7 % termasuk dalam kategori layak, dan aspek kelayakan bahasa mendapatkan persentase 77,8 % termasuk dalam kategori cukup layak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa buku teks Widya Adi Basa Jawi Untuk Kelas VIII Terbitan Tiga Serangkai termasuk di dalam kategori layak jika digunakan.

Kata kunci: buku teks, kelayakan materi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa.

 

×
Penulis Utama : Septi Annisa Hanifiah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4216060
Tahun : 2020
Judul : Analisis Isi Buku Teks Bahasa Jawa Widya Adi Basa Jawi untuk SMP/SMPLB/MTS Kelas VIII Terbitan Tiga Serangkai
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Prog Studi Bahasa Jawa-K4216060-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Atikah Anindyarini, S.S., M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.