Penulis Utama : Yukhib Janata
NIM / NIP : K1315059
×

ABSTRAK

 

Yukhib Janata. ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Februari 2020.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir siswa berdasarkan taksonomi SOLO kelas VIII SMP Negeri 1 Simo dalam menyelesaikan masalah materi sistem persamaan linier dua variabel.

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Simo tahun Jaran 2019/2020 pada kelas VIII dengan menggunakan metode deksriptif kualitatif. Pengambilan subjek dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Subjek penelitian dikategorikan ke dalam 3 kategori kemampuan awal yaitu kategori kemampuan awal tinggi, kategori kemampuan awal sedang, dan kategori kemampuan awal rendah. Data subjek dari masing-masing kategori berdasarkan pada Ulangan Harian 1 pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Dari masing-masing kategori kemampuan awal tersebut diambil subjek sebanyak 3 siswa untuk masing-masing kategori kemampuan awal sedangkan data tingkat berpikir siswa diambil dengan menggunakan tes tertulis dan wawancara untuk mengklasifikasikan hasil tes tertulis dan wawancara tersebut kedalam lima level taksonomi SOLO yakni level prastruktural, level unistruktural, level multistruktural, level relational, dan level abstrak diperluas. Validasi data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode dengan menggunakan tes tertulis dan menggunakan wawancara untuk mengklarifikasi jawaban tersebut. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan data hasil analisis diperoleh bahwa siswa dengan kemampuan awal tinggi sudah berada pada tingkat kemampuan berpikir relational tetapi ada beberapa siswa yang sudah berada pada tingkat asbtrak diperluas. Siswa dengan kemampuan awal sedang cenderung berada pada tingkat kemampuan berpikir relational tetapi terdapat satu siswa dengan tingkat kemampuan berpikir multistruktural. Siswa dengan kemampuan awal rendah cenderung memiliki tingkat kemampuan berpikir yang lebih beragam yaitu pada level relational, multistruktural, unistruktural, dan prastruktural.

Kata kunci: Kemampuan Berpikir, Taksnomi Solo, Kemampuan Awal

×
Penulis Utama : Yukhib Janata
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1315059
Tahun : 2020
Judul : Analisis Kemampuan Berpikir Siswa Berdasarkan Taksonomi Solo dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Penelitian Dilakukan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Simo Boyolali Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Pendidikan Matematika- K1315059-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ikrar Pramudya, M.Si
2. Dr. Farida Nuhasanah, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.