Penulis Utama : Bagus Saputro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1513019
Tahun : 2019
Judul : Pemanfaatan Media Pembelajaran Socrative Guna Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Kelas X DPIB di SMK Negeri 5 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.KIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-F.KIP-Pendidikan Teknik Bangunan - K1513019 - 2019
Subyek : SOCRATIVE, MOTIVASI BELAJAR, HASIL BELAJAR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

            Bagus Saputro, Pemanfaatan Media Pembelajaran Socrative Guna Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Kelas X DPIB di SMK Negeri 5 Surakarta. Skripsi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2020.

            Tujuan Penelitian ini adalah, (1) Untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran socrative dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan kelas X DPIB di SMK Negeri 5 Surakarta, (2) Untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran socrative dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan kelas X DPIB di SMK Negeri 5 Surakarta.

            Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X DPIB di SMK Negeri 5 Surakarta yang berjumlah 36 siswa. Sumber data berasal dari siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik validitas data yang dipakai dalam penelitian ini adalah triangulasi dan review informan terkunci. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri atas empat tahap pokok yaitu : 1) Pengumpulan data, 2) Reduksi data, 3) Sajian data, 4) Kesimpulan. Prosedur penelitian adalah model spiral yang saling berkaitan.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan media pembelajaran socrative dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar dari pra tindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada pra tindakan masih menggunakan metode ceramah sehingga motivasi belajar dan hasil belajar siswa rendah. Peningkatan terjadi pada siklus I. Motivasi belajar dan hasil belajar siswa meningkat walaupun belum optimal. Pelaksanaan siklus II menyebabkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa meningkat menjadi tinggi sehingga bisa mendukung suatu pembelajaran yang berkualitas. Simpulan penelitian ini adalah pemanfaatan media pembelajaran socrative dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan kelas X DPIB di SMK Negeri 5 Surakarta.

Kata kunci : Socrative, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I .pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. A. G. Tamrin, M.Pd., M.Si.,
2. Rima Sri Agustin, ST., MT.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP