Penulis Utama : Adi Putra Yusti
NIM / NIP : K1514003
×

ABSTRAK

 Adi Putra Yusti. KAJIAN BERAT ISI, KUAT LENTUR DAN KOEFISIEN ABSORPSI BUNYI PADA PANEL DINDING BETON DENGAN LIMBAH BAN KARET SEBAGAI PENGGANTI AGREGAT HALUS. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2020.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji, (1) Pengaruh penggantian agregat halus dengan limbah ban karet terhadap berat isi panel dinding beton. (2) Pengaruh penggantian agregat halus dengan limbah ban karet terhadap kuat lentur panel dinding beton. (3) Persentase penggantian agregat halus dengan limbah ban karet untuk mencapai berat isi minimal pada panel dinding beton. (4) Persentase penggantian agregat halus dengan limbah ban karet untuk mencapai kuat lentur maksimal pada panel dinding beton. (5) Pengaruh persentase penggantian agregat halus dengan limbah ban karet terhadap koefisien absorpsi bunyi panel dinding beton. (6) Persentase penggantian agregat halus dengan limbah ban karet untuk mencapai koefisien absorpsi bunyi maksimal pada panel dinding beton.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Variabel yang mempengaruhi dalam penelitian ini adalah (1) Variabel bebas: variasi penggatian limbah ban karet yaitu sebesar 5%, 10%, 15%, 20% dan 25%. (2) Variabel terikat: berat isi, kuat lentur dan koefisien absorpsi bunyi panel dinding beton.

Hasil penelitian sebagai berikut, (1) Penggantian agregat halus dengan limbah ban karet berpengaruh positif terhadap berat isi panel dinding beton dan berpengaruh signifikan sebesar 99,4%. (2) Penggantian agregat halus dengan limbah ban karet berpengaruh negatif terhadap kuat lentur panel dinding beton dan berpengaruh signifikan sebesar 98,4%. (3) Persentase penggantian agregat halus dengan limbah ban karet untuk mencapai berat isi minimal pada persentase 25% dengan berat isi sebesar 1311,63 kg/m?3;. (4) Persentase penggantian agregat halus dengan limbah ban karet untuk mencapai kuat lentur maksimal pada persentase 5% dengan kuat lentur sebesar 3,02 N/mm2. (5) Penggantian agregat halus dengan limbah ban karet berpengaruh positif terhadap koefisien absorpsi bunyi panel dinding beton. (6) Persentase penggantian agregat halus dengan limbah ban karet untuk mencapai redaman bunyi optimal pada persentase 15% dengan koefisien absorpsi bunyi maksimal sebesar 0,22324 pada frekuensi 974 Hz.

Kata Kunci: Limbah Ban Karet, Berat Isi, Kuat Lentur, Koefisien Absorpsi Bunyi, Panel Dinding Beton

×
Penulis Utama : Adi Putra Yusti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1514003
Tahun : 2020
Judul : Kajian Berat Isi, Kuat Lentur dan Koefisien Absorpsi Bunyi pada Panel Dinding Beton dengan Limbah Ban Karet sebagai Pengganti Agregat Halus
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-F.KIP-Pendidikan Teknik Bangunan -K1514003-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Sumarni, S.T., M.T.,
2. Dr. Ir. Chundakus Habsya, MS. Ars
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.