Penulis Utama : Darus Dwi Hartoko
NIM / NIP : K1514023
×

ABSTRAK

Darus Dwi Hartoko, Pengaruh Penggantian Sebagian Agregat Halus Dengan Serbuk Karet Pada Paving Block Terhadap Kuat Tekan Dan Resap Air Paving Block. Skripsi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2020

Tujuan Penelitian adalah, (1) Untuk mengetahui pengaruh variasi ukuran serbuk karet sebagai pengganti agregat halus pada kuat tekan paving blok. (2) Untuk mengetahui pengaruh variasi ukuran serbuk karet sebagai pengganti agregat halus pada resap air paving block. (3) Untuk mengetahui berapa ukuran butiran serbuk karet yang menghasilkan kuat tekan maksimum. (4) Untuk mengetahui berapa ukuran butiran serbuk karet yang menghasilkan resap air terendah.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Bentuk sampel dari paving block yaitu balok dengan dimensi 20 cm x 10 cm x 6 cm berjumlah sebanyak 25 paving block. Variabel yang mempengaruhi dalam penelitian ini adalah (1) variabel terikat: kuat tekan dan daya serap air (2) variabel bebas: variasi ukuran butiran serbuk karet sebagai pengganti 10% agregat halus paving block.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa, (1) Ada pengaruh variasi ukuran serbuk karet sebagai pengganti sebagian agregat halus terhadap kuat tekan paving block sebesar 61,9%. (2) Ada pengaruh variasi ukuran serbuk karet sebagai pengganti sebagian agregat halus terhadap resap air paving block sebesar 62,5%. (3) Pada penggantian 10% serbuk karet terhadap agregat halus paving block, serbuk karet dengan variasi ukuran serbuk karet 2-4mm menghasilkan kuat tekan tertinggi yaitu 5,9 MPa, namun hasil tersebut belum memenuhi standar mutu SNI-03-0691-1996 (4) Penggantian 10% serbuk karet terhadap agregat halus paving block berpengaruh menaikkan nilai resap air paving block. Pada variasi ukuran serbuk karet >1 mm dihasilkan resap air paving block  terendah yaitu 9,24% dan memenuhi standar mutu D pada SNI-03-0691-1996.

Kata Kunci : Paving Block, Kuat Tekan, Resap Air, Serbuk Karet

×
Penulis Utama : Darus Dwi Hartoko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1514023
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Penggantian Sebagian Agregat Halus dengan Serbuk Karet pada Paving Block Terhadap Kuat Tekan dan Resap Air Paving Block
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-F.KIP-Pendidikan Teknik Bangunan - K1514023 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Sumarni, S.T., M.T
2. Drs. Waluyo, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.