Penulis Utama : Cristina Rahayu Putri Pamungkas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1515014
Tahun : 2020
Judul : Analisis Lesson Study Ditinjau dari Proses dan Hasil Pembelajaran pada Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Pendidikan Teknik Bangunan FKIP UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-F.KIP-Pendidikan Teknik Bangunan -K1515014- 2020
Subyek : LESSON STUDY, PROSES PEMBELAJARAN, HASIL PEMBELAJARAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Cristina Rahayu Putri Pamungkas, ANALISIS LESSON STUDY DITINJAU DARI PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH ILMU BAHAN BANGUNAN DI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FKIP UNS. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Februari 2020.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan lesson study serta mengetahui perolehan proses dan hasil pembelajaran dalam mata kuliah ilmu bahan bangunan program pendidikan Teknik Bangunan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian campuran (Mix Method). Penelitian dilaksanakan melalui 3 pertemuan, dengan setiap pertemuan terdiri dari tahap  perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan Refleksi (see). Subjek penelitian adalah mahasiswa semester I Pendidikan Teknik Bangunan yang berjumlah 39 mahasiswa. Sumber data berasal dari mahasiswa, dosen model dan observer. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode dan pendapat ahli (judgment expert). Analisis data menggunakan teknik analisis menurut Miles dan Huberman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui lesson study pada pembelajaran ilmu bahan bangunan dapat terlaksana dengan baik dibuktikan dengan hasil pengamatan yang dilaksanakan selama proses pembelajaran. Hasil persentase capaian proses pembelajaran mencapai 82,5%. Hasil pembelajaran setiap aspek pada pembelajaran diperoleh nilai rata-rata  ranah kognitif 83,33,  afektif 85,22,  dan psikomotorik 86,87. Perolehan interpretasi proses pembelajaran terlihat cukup tinggi. Penelitian ini sesuai dengan tujuan lesson study berdasrkan pemaparan Sudarmanto (2006:50) yaitu pemahaman pembelajaran menjadi meningkat diikuti dengan capaian proses dan hasil pembelajaran.

Kata kunci : Lesson Study, Proses Pembelajaran, Hasil Pembelajaran

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Sumarni, S.T., M.T,
2. Sukatiman, ST.,M.Si.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP