Penulis Utama : Denny Fazrul Falah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1515016
Tahun : 2020
Judul : Analisis Simpang Koordinasi Berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 sebagai Suplemen Materi Mata Kuliah Dasar-Dasar Konstruksi Jalan dan Jembatan
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-F.KIP-Pendidikan Teknik Bangunan -K1515016 - 2020
Subyek : WAKTU SIKLUS, KOORDINASI SIMPANG, GELOMBANG HIJAU.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Denny Fazrul Falah, K1515016, ANALISIS SIMPANG KOORDINASI BERDASARKAN MANUAL KAPASITAS JALAN INDONESIA 1997 SEBAGAI SUPLEMEN MATERI MATA KULIAH DASAR-DASAR KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2020.

Penggunaan lampu lalu lintas bertujuan untuk mengatur lalu lintas pada simpang Klodran. Lampu lalu lintas pada simpang Klodran tidak dapat memberikan pelayanan yang optimal. Sehingga kemacetan terjadi di simpang Pakel yang berjarak kurang dari 800 meter dari simpang Klodran. Pelayanan simpang perlu dioptimalkan dengan mengoordinasikan simpang untuk mengurangi kemacetan antara simpang Pakel dan simpang Klodran.

Data yang diambil adalah volume simpang, waktu siklus lalu lintas dan geometrik simpang dengan cara survei manual di simpang Klodran dan simpang Pakel. Analisis dilakukan untuk mengkaji kondisi eksisting simpang Klodran dan simpang Pakel, serta merencanakan koordinasi simpang. Metode perhitungan waktu siklus koordinasi menggunakan metode perangkingan dan untuk kinerja simpang berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997.

Berdasarkan hasil analisis, maka diperoleh besar waktu siklus eksisting untuk kedua simpang berbeda-beda yakni Klodran (89 detik), Pakel pagi (109 detik), dan Pakel sore (130 detik). Sedangkan waktu siklus kedua simpang setelah koordinasi adalah 107 detik di pagi hari dan 127 detik di sore hari. Pada pagi hari terjadi penurunan derajat kejenuhan sebesar 11,54% di simpang klodran dan 2,82% di simpang pakel, demikian juga pada sore hari terjadi penurunan sebesar 11,97% di simpang Klodran dan 8,46% di simpang Pakel. Pada pagi hari Panjang antrian mengalami penurunan sebesar 35,82% di simpang klodran dan 43,97% di simpang pakel, demikian juga penurunan pada sore hari sebesar 50,36% di simpang Pakel, namun terjadi peningkatan antrian sebesar 23,6% di simpang Klodran. Pada pagi hari Terjadi penurunan jumlah tundaan sebesar 62,55% di simpang klodran dan 67,38% di simpang pakel, demikian juga  penurunan pada sore hari sebesar 69,54% di simpang Pakel, namun terjadi peningkatan antrian sebesar 15,35% di simpang Klodran. Sedangkan kecepatan gelombang hijau rencana pada pagi hari ditetapkan kecepatan 30 km/jam dan 25 km/jam pada sore hari.

Kata Kunci: Waktu Siklus, Koordinasi Simpang, Gelombang Hijau.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftra Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Eko Supri Murtiono, S.T., M.T
2. Budi Siswanto, S.Pd., M.Ars.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP