Penulis Utama : Hafid Ludfiana Saputra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1515031
Tahun : 2020
Judul : Studi Pemanfaatan Limbah Kaca Sebagai Pengganti Pasir dan Fly-Ash 20% Sebagai Pengganti Semen Ditinjau dari Kuat Tekan dan Berat Jenis Beton Dalam Lingkungan Agresi Sulfat 7%
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-F.KIP-Pendidikan Teknik Bangunan -K1515031- 2020
Subyek : ASAM SULFAT, FLY ASH, SERBUK KACA, KUAT TEKAN, DAN BERAT JENIS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Hafid Ludfiana Saputra. STUDI PEMANFAATAN LIMBAH KACA SEBAGAI PENGGANTI PASIR DAN FLY ASH 20% SEBAGAI BAHAN PENGGANTI SEMEN DITINJAU DARI KUAT TEKAN DAN BERAT JENIS BETON DALAM LINGKUNGAN AGRESI SULFAT 7%. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2019.

Pada pembuatan beton yang dipergunakan berhubungan langsung dengan air yang mengandung asam sulfat dapat menyebabkan korosi pada beton jika terekspos secara terus. Preferensi yang dapat digunakan dalam mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan fly ash dan serbuk kaca yang merupakan upaya dalam mengurangi jumlah limbah yang dapat mencemari lingkungan. Dimana penggunaan fly ash dalam agresi sulfat dapat memperbaiki kerusakan dalam serangan sulfat secara efektif karena adanya sifat pozzolanik didalamnya. sedangkan penggunaan kaca memiliki permeabilitas yang rendah sehingga larutan sulfat lebih sukar masuk kedalam beton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan limbah kaca dan fly ash terhadap kuat tekan dan berat jenis beton pada lingkungan agresi sulfat 7%. (2) presentase penggunaan limbah kaca yang optimal terhadap ketahan beton dalam agresi sulfat 7% agar diperoleh kuat tekan beton maksimal dan berat jenis beton yang  normal. (3) ketahanan beton dengan bahan serbuk kaca dan fly ash dibandingkan dengan beton normal.

Desain penelitian ini memaparkan hubungan antara variabel yang diteliti. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan analisis data menggunakan metode diskripsi. Penelitian ini memberikan gambaran mengenai penggunaan limbah fly ash dan limbah kaca sebagai bahan dalam beton normal terhadap Kuat Tekan dan Berat Jenis dalam Lingkungan Agresi Sulfat 7%. Dimana limbah kaca sebagai variabel bebas sedangkan Kuat Tekan dan Berat Jenis sebagai variabel terikat. Sedangkan untuk variabel kontrolnya adalah fly ash dan larutan asam sulfat dengan kadar 7%.

Hasil penelitian didapatkan nilai kuat tekan maksimal pada variasi 20% limbah fly ash dengan 40% serbuk kaca. Penambahan sebuk kaca 40% memiliki ketahanan yang lebih baik dari pada beton normal maupun beton dengan variasi lainnya. Pada beton normal selisih kuat tekan dan berat jenis tanpa perendaman larutan asam sulfat dan setelah perendaman dalam larutan asam sulfat 7% masing-masing penurunan sebesar 1,485 MPa (6,75%) dan 32 kg/m3 (1,31%) sedangkan pada beton dengan penambahan sebuk kaca 40%  memiliki selisih kuat tekan dan berat jenis tanpa perendaman larutan asam sulfat dan setelah perendaman dalam larutan asam sulfat masing-masing penurunan sebesar 0,263 MPa (1,26%) dan 8 kg/m3 (0,3%)

Kata Kunci: Asam Sulfat, Fly Ash, Serbuk Kaca, Kuat Tekan, Dan Berat Jenis

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ernawati Sri Sunarsih, S.T., M.Eng
2. Taufiq Lilo Adi Sucipto, S.T., M.T.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP