Penulis Utama : Intan Rosalia
NIM / NIP : K1515037
×

ABSTRAK

Intan Rosalia PENGARUH PENGGANTIAN AGREGAT HALUS MENGGUNAKAN VARIASI LIMBAH BAN KARET DENGAN SILICA FUME 10% TERHADAP KUAT TEKAN, DAYA RESAPAN AIR DAN BERAT ISI PADA PAVING BLOCK. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2020.

            Tujuan penelitian adalah, (1) mengetahui pengaruh penggantian limbah ban karet sebagai pengganti agregat halus dengan variasi 5%, 10%, dan 15% serta variasi silica fume sebesar 10% terhadap kuat tekan paving block, (2) pengaruh penggantian limbah ban karet sebagai pengganti agregat halus dengan variasi 5%, 10% dan 15% serta variasi silica fume 10% terhadap daya serap air paving block, (3) pengaruh penggantian limbah ban karet sebagai pengganti agregat halus dengan variasi 5%, 10% dan 15% serta variasi silica fume 10% terhadap berat isi paving block, (4) nilai kuat tekan maksimum paving block yang dihasilkan dari penggantian limbah ban karet sebagai agregat halus dan silica fume sebagai pengganti sebagian semen dengan variasi yang sudah ada, (5) nilai daya resapan air minimum paving block yang dihasilkan dari penggantian limbah ban karet sebagai agregat halus dan silica fume sebagai pengganti sebagian semen dengan variasi yang sudah ada, (6) nilai berat isi maksimum paving block yang dihasilkan dari penggantian limbah ban karet sebagai agregat halus dan silica fume sebagai pengganti sebagian semen dengan variasi yang sudah ada.

            Penelitian ini menggunakan metode eksperimental penuh. Variabel yang ada pada penelitian ini yaitu (1) kuat tekan, daya resapan air dan berat isi sebagai variabel terikat, (2) variasi penggantian limbah ban karet 5%, 10%, 15% dan silica fume sebesar 10% sebagai variabel bebas. Benda uji paving block memiliki dimensi 20 cm x 10 cm x 6 cm yang berjumlah 20 buah.

            Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa, (1) limbah ban karet berpengaruh pada nilai kuat tekan paving block, (2) limbah ban karet tidak memiliki pengaruh untuk perubahan nilai daya serap paving block, (3) limbah ban karet berpengaruh pada nilai berat isi paving block, (4) nilai kuat tekan maksimal paving block dari penggantian limbah ban karet terdapat di variasi 5% dengan nilai rata-rata sebesar 19,125 MPa dan masuk sebagai kategori mutu B, (5) nilai daya resapan air minimum paving block dari penggantian limbah ban karet terdapat di variasi 10% dengan nilai rata-rata sebesar 7,318% dan masuk sebagai kategori mutu B, (6) nilai berat isi maksimal paving block dari penggantian limbah ban karet terdapat di variasi 5% dengan nilai rata-rata sebesar 1977,5 kg/m3.

Kata Kunci: Paving Block, Limbah Ban Karet, Silica Fume, Kuat Tekan, Daya Resapan Air, Berat Isi

×
Penulis Utama : Intan Rosalia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1515037
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Penggantian Agregat Halus Menggunakan Variasi Limbah Ban Karet dengan Silica Fume 10% Terhadap Kuat Tekan, Daya Resapan Air dan Berat Isi Pada Paving Block
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-F.KIP-Pendidikan Teknik Bangunan -K1515037-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Sumarni, S.T.,M.T
2. Rima Sri Agustin, S.T.,M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.