Penulis Utama : Anita Retno Mulat
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0113007
Tahun : 2020
Judul : Patamanan Dalêm Ing Ujung Puri Mangkunêgaran (Suatu Tinjauan Filologis)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ILmu Budaya - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya-C0113007-2020
Subyek : FILOLOGI, PATAMANAN, UJUNG PURI, MANGKUNêGARAN, BABAD
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimana suntingan teks Patamanan Dalêm Ing Ujung Puri Mangkunêgaran yang bersih dari kesalahan sesuai dengan cara kerja filologi? (2) bagaimana kandungan isi cerita sejarah (babad) yang terdapat dalam teks Patamanan Dalêm Ing Ujung Puri Mangkunêgaran?
Tujuan penelitian ini adalah (1) menyajikan suntingan teks Patamanan Dalêm Ing Ujung Puri Mangkunêgaran yang bersih dari kesalahan sesuai dengan cara kerja filologi, (2) mengungkapkan kandungan isi cerita sejarah (babad) yang terdapat dalam teks Patamanan Dalêm Ing Ujung Puri Mangkunêgaran.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian filologis yang objek kajiannya berdasarkan manuskrip. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research). Sumber data dalam penelitian ini adalah naskah serbaaneka sejarah dan kesusasteraan bersifat mendidik yang memuat cerita sejarah (babad) yang tersimpan di Perpustakaan Reksa Pustaka Pura Mangkunegaran Surakarta. Data dalam penelitian ini adalah naskah dan teks Patamanan Dalêm Ing Ujung Puri Mangkunêgaran.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dimulai dari pencarian naskah milik pribadi atau instansi. Kemudian dilanjutkan metode studi pustaka dengan menelusuri berbagai katalog agar dapat menentukan naskah jamak atau naskah tunggal. Lalu dilanjutkan dengan melakukan teknik digitalisasi dan transliterasi. Langkah selanjutnya dengan menggunakan teknik content analysis dengan mengungkapkan isi teks Patamanan Dalêm Ing Ujung Puri Mangkunêgaran.
Teknik analisis data menggunakan teknik analisis filologi dan analisis isi teks. Analisis filologi naskah Patamanan Dalêm Ing Ujung Puri Mangkunêgaran menggunakan metode kritik teks naskah tunggal yaitu edisi standar. Analisis isi naskah menggunakan analisis interpretasi.
Simpulan penelitian ini adalah (1) naskah Patamanan Dalêm Ing Ujung Puri Mangkunêgaran tersimpan di Perpustakaan Reksa Pustaka Pura Mangkunegaran Surakarta, ditemukan varian-varian sejumlah 18 lakuna huruf, 1 lakuna suku kata, 5 kesalahan pemenuhan metrum têmbang, 3 adisi huruf, dan 105 hiperkorek. (2) Patamanan Dalêm Ing Ujung Puri Mangkunêgaran adalah naskah jenis serbaaneka sejarah dan kesusasteraan bersifat mendidik yang memuat cerita sejarah (babad) utamanya pembukaan lahan dan tata letaknya untuk pembuatan taman Ujung Puri. Taman itu berada di bagian belakang barat komplek Mangkunegaran. Naskah ini memuat pembagian taman, aspek simbolisme, dan ajaran di dalamnya.

Kata kunci: filologi, Patamanan, Ujung Puri, Mangkunêgaran, babad

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Persetujuan Publikasi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Supardjo, M. Hum
2. Dra. Endang Tri Winarni, M. Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya