Penulis Utama : Liza Putri Damayanti
NIM / NIP : K1515039
×

ABSTRAK

Liza Putri Damayanti. PENGARUH KOMUNITAS BELAJAR LESSON STUDY TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH ILMU BAHAN BANGUNAN DI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FKIP UNS. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2020.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui capaian kinerja komunitas belajar lesson study, capaian mutu pembelajaran dan pengaruh komunitas belajar lesson study terhadap mutu pembelajaran pada mata kuliah Ilmu Bahan Bangunan.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan pada mata kuliah Ilmu Bahan Bangunan yang menerapkan upaya pembinaan lesson study. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari seluruh tim penelitian lesson study yang terdiri dari dosen dan mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan dokumentasi pelaksanaan lesson study. Validitas dilakukan dengan menggunakan pendapat dari ahli (judgment experts). Sedangkan, validitas uji butir instrumen dilakukan dengan perhitungan product moment. Analisis data untuk mengetahui capaian komunitas belajar dan mutu pembelajaran dilakukan dengan perhitungan presentase skor menurut Riduwan (2013). Sedangkan, analisis data untuk mengetahui pengaruh komunitas belajar terhadap mutu pembelajaran dilakukan dengan uji analisis regresi linier sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan hasil persentase capaian komunitas belajar sebesar 93,79% dan hasil persentase mutu pembelajaran sebesar 95% dengan interpretasi sangat tinggi serta adanya pengaruh komunitas belajar lesson study terhadap mutu pembelajaran.

Kata kunci: Komunitas Belajar, Mutu Pembelajaran, Lesson Study

×
Penulis Utama : Liza Putri Damayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1515039
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Komunitas Belajar Lesson Study Terhadap Mutu Pembelajaran pada Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Pendidikan Teknik Bangunan FKIP UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Pendidikan Teknik Bangunan- K1515039-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Sumarni, S.T., M.T
2. Sukatiman, S.T., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.