Penulis Utama : Muhammad Amirudin Arrofi’i
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1515045
Tahun : 2020
Judul : Analisis Kebutuhan Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti untuk SMK Negeri di Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Pendidikan Teknik Bangunan- K1515045 -2020
Subyek : SMK, MINAT CALON SISWA, PASAR KERJA, POTENSI DAERAH, KEBUTUHAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Muhammad Amirudin Arrofi’i. ANALISIS KEBUTUHAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNOLOGI KONSTRUKSI DAN PROPERTI UNTUK SMK NEGERI DI KABUPATEN KARANGANYAR. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2020.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti Untuk SMK Negeri di Kabupaten Karanganyar yang ditinjau dari minat calon siswa, kondisi pasar kerja, dan potensi daerah.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan Teknik pengambilan subjek penelitian dengan menggunakan Teknik cluster sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas IX SMP/MTs di Kabupaten Karanganyar berjumlah 100 siswa dengan teknik pengumpulan angket/kuisioner yang tersebar di 4 Sekolah yaitu MTsN 2 Karanganyar, MTsN 3 Karanganyar, SMPN 1 Colomadu, dan SMPN 2 Kebakkramat. Selain itu Sumber data juga berasal Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Karanganyar dan Baperlitbang Kabupaten Karanganyar dengan Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan validitas instrument angket dan uji realibilitas angket. Teknik analisis data menggunakan Teknik deskriptif dengan menggunakan ketegori kelayakan menurut Arikunto.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi minat calon siswa sebesar  63,067?n potensi daerah  sebesar 67,5%, akan tetapi potensi  pasar kerja hanya sebesar 32%. Oleha karena itu penambahan Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti untuk SMK Negeri di Kabupaten Karanganyar belum direkomendasikan.

Kata Kunci: Smk, Minat Calon Siswa, Pasar Kerja, Potensi Daerah, Kebutuhan

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. A.G. Tamrin, M.Pd., M.Si.,
2. Budi Siswanto, S.Pd., M.Ars
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP