Penulis Utama : Muharram Wijaya Kusuma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1515047
Tahun : 2020
Judul : Studi Pemanfaatan Limbah Kaca Sebagai Pengganti Pasir dan Fly Ash 20% Sebagai Bahan Pengganti Semen Ditinjau dari Kuat Tekan dan Berat Jenis Beton Dalam Lingkungan Agresi Sulfat 5%
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Pendidikan Teknik Bangunan- K1515047-2020
Subyek : ASAM SULFAT, FLY ASH, SERBUK KACA, KUAT TEKAN, DAN BERAT JENIS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Muharram Wijaya Kusuma. Pemanfaatan Limbah Kaca sebagai Pengganti Sebagian Volume Pasir dan Fly Ash 20% sebagai Bahan Pengganti Semen ditinjau dari Kuat Tekan dan Berat Jenis Beton dalam Lingkungan Agresi Sulfat 5%. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2019.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pengaruh variasi penggunaan limbah kaca sebagai pengganti pasir dan fly ash 20% sebagai bahan pengganti semen terhadap kuat tekan pada lingkungan agresi sulfat 5%. (2) pengaruh variasi penggunaan limbah kaca sebagai pengganti pasir dan fly ash 20% sebagai bahan pengganti semen terhadap berat jenis beton pada lingkungan agresi sulfat 5%. (3) persentase penggunaan limbah kaca sebagai pengganti pengganti pasir yang optimal dan fly ash 20% sebagai bahan pengganti semen terhadap ketahan beton dalam agresi sulfat 5% agar diperoleh kuat tekan beton maksimal. (4) persentase penggunaan limbah kaca sebagai pengganti pasir yang optimal dan fly ash 20% sebagai bahan pengganti semen terhadap ketahan beton dalam agresi sulfat 5% agar diperoleh berat jenis beton yang  normal. (5) ketahanan beton dengan bahan serbuk kaca sebagai pengganti pasir dan fly ash 20% sebagai pengganti sebagian semen dibandingkan dengan beton normal.

Pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan mengukur hasil perlakuan pada sampel penelitian di Laboratorium. Sampel pada penelitian ini adalah silinder berdiameter 150 mm dengan tinggi 300 mm sebanyak 48 buah sebagai benda uji kuat tekan dan 48 buah sebagai benda uji berat jenis. Variasi serbuk kaca dimulai dari beton normal 0%, 10%, 20%, 30?n 40%. Masing-masing variasi berjumlah 4 buah sampel.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa : (1)Penggunaan limbah kaca sebagai pengganti pasir  dan fly ash 20% sebagai bahan pengganti semen berpengaruh secara signifikan terhadap kuat tekan pada lingkungan agresi sulfat dengan pengaruh dari serbuk kaca sebesar 73%. (2)Penggunaan limbah kaca sebagai pengganti pasir dan fly ash 20% sebagai bahan pengganti semen berpengaruh negatif secara signifikan menurunkan berat jenis pada lingkungan agresi sulfat 5% dimana semakin besar penambahan serbuk kaca berbanding lurus dengan penurunan berat jenis beton. Besar pengaruh dari serbuk kaca sebesar 22,9%. (3)Persentase penggunaan limbah kaca sebagai pengganti pengganti pasir memiliki nilai optimal penambahan sebesar 18,444% terhadap ketahanan beton dalam agresi sulfat dan diperoleh kuat tekan beton maksimal sebesar 21,074 MPa.

(4)Penggunaan limbah kaca sebagai pengganti pasir dan fly ash 20% sebagai bahan pengganti semen terhadap ketahan beton dalam agresi sulfat diperoleh berat jenis beton yang  normal pada setiap variasi. (5)Penambahan sebuk kaca 20% memiliki ketahanan yang lebih baik dari pada beton normal maupun beton dengan variasi lainnya dengan selisih kuat tekan dan berat jenis setelah perendaman beton dalam lingkungan agresi sulfat 5% masing-masing sebesar 0,32?n 0,04%.

Kata Kunci: Asam Sulfat, Fly Ash, Serbuk Kaca, Kuat Tekan, Dan Berat Jenis

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ernawati Sri Sunarsih, S.T., M.Eng
2. Taufiq Lilo Adi Sucipto, S.T., M.T.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP