Penulis Utama : Dewi Ayu Tyas Sekar Wening
NIM / NIP : K4316020
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil pemahaman siswa kelas X, XI, dan XII tentang konsep energi dalam proses transformasi karbon pada sistem sosio-ekologis yang dikembangkan berdasarkan learning progression.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan desain ex post facto dengan dua variabel tak termodifikasi, yaitu jenjang kelas dan jenis kelamin. Subjek penelitian adalah siswa IPA SMA Negeri 1 Teras Boyolali sebanyak 168 siswa yang dipilih dengan teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes tertulis tipe checkboxes question dengan jumlah 10 butir soal berbentuk pilihan ganda dan essay, terkait konsep energi pada proses transformasi karbon dalam sistem sosio-ekologis yang diadopsi dari Jin & Anderson. Validitas instrumen dilakukan dengan Model Rasch menggunakan aplikasi Winstep. Data jawaban siswa pertama dianalisis secara deskriptif untuk mengkategorikannya ke dalam level learning progression. Selanjutnya data pengelompokan tersebut dianalisis secara kuantitatif untuk mengetahui profil pemahaman siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh butir soal pada instrumen tes yang digunakan tergolong valid dan reliabel. Profil pemahaman siswa berdasarkan learning progression pada konsep energi pada proses transformasi karbon dalam sistem sosio-ekologis belum sesuai. Siswa kelas X dan XII cenderung berada pada level 1, sedangkan kelas XI cenderung berada pada level 2, yang seharusnya siswa SMA berada pada level 4. Tidak ada perbedaan level pemahaman antara siswa perempuan dan laki-laki.

Kata kunci : learning progression, konsep energi, pemahaman siswa SMA, analisis model Rasch

 

×
Penulis Utama : Dewi Ayu Tyas Sekar Wening
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4316020
Tahun : 2020
Judul : Analisis Profil Pemahaman Siswa Berdasarkan Learning Progression Konsep Energi pada Proses Transformasi Karbon dalam Sistem Sosio-Ekologis
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Pendidikan Biologi-K4316020-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Murni Ramli, S.P., M.Si., Ed.D.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.