Penulis Utama : Rhahmadani Widya Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1515054
Tahun : 2020
Judul : Implementasi E-Learning Melalui Lesson Study untuk Peningkatan Efektivitas Proses Belajar pada Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Sebelas Maret Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Pendidikan Teknik Bangunan- K1515054-2020
Subyek : E-LEARNING, LESSON STUDY, EFEKTIVITAS BELAJAR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Rhahmadani Widya Putri. K1515054. IMPLEMENTASI E-LEARNING MELALUI LESSON STUDY UNTUK PENINGKATAN EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR PADA MATA KULIAH ILMU BAHAN BANGUNAN DI PROGRAM PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2020.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui implementasi e-learning melalui lesson study dan (2) mengetahui peningkatkan efektivitas proses belajar dengan implementasi e-learning melalui lesson study pada mata kuliah Ilmu Bahan Bangunan di program Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Sebelas Maret Surakarta Indonesia.

Metode penelitian yang digunakan yaitu mix methods. Untuk menjawab rumusan masalah pertama yaitu data kualitatif melalui pengambilan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menjawab rumusan masalah kedua yaitu data kuantitatif melalui pengambilan data berupa angket dan dokumentasi. Sumber data kualitatif pada penelitian ini yaitu dosen model dan  observer, sedangkan sumber data kuantitatif yaitu peserta didik dan  observer. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sehingga populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 program studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP UNS, dengan sampel penelitian yang terpilih yaitu mahasiswa semester 1 program studi pendidikan teknik bangunan FKIP UNS yang diwakili dengan kelas A. Analisis data  dalam penelitian kualitatif menggunakan Miles & Huberman, sedangkan penelitian kuantitatif menggunakan statistic deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi e-learning melalui lesson study meningkatkan keterampilan pengajar dalam menyusun rencana dan melaksanakan pembelajaran yang menarik dan efektif. Implementasi e-learning melalui lesson study ada 3 tahapan, yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. (2) Implementasi e-learning melalui lesson study pada mata kuliah Ilmu Bahan Bangunan di program Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Sebelas Maret Surakarta dapat meningkatkan efektivitas proses belajar.

Kata kunci : E-Learning, Lesson Study, Efektivitas Belajar

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Sumarni S.T.,M.T.
2. Ernawati Sri Sunarsih S.T.,M.Eng
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP