Penulis Utama : Rinda Nuraini Shandra Mei
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1515056
Tahun : 2020
Judul : Implementasi Lesson Study Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kinerja Pendidik pada Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Pendidikan Teknik Bangunan-K1515056-2020
Subyek : LESSON STUDY, KOMPETENSI, KINERJA PENDIDIK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Rinda Nuraini Shandra Mei. K1515056. IMPLEMENTASI LESSON STUDY SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PENDIDIK PADA MATA KULIAH ILMU BAHAN BANGUNAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FKIP UNS. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2020.

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengkaji penerapan langkah-langkah yang tepat dalam upaya meningkatkan kinerja pendidik melalui pembelajaran lesson study; (2) mengkaji peningkatan kinerja pendidik pada mata kuliah Ilmu Bahan Bangunan PTB FKIP UNS melalui penerapan lesson study.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian mix method atau metode kombinasi. Penelitian dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Tahapan penelitian dengan menggunakan lesson study ini berupa tahap perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester I yang menempuh mata kuliah Ilmu Bahan Bangunan. Data diperoleh dari observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif dan statistik deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penerapan lesson study dilakukan dengan 3 tahap yang dilaksanakan secara berurutan, meliputi tahap perencanaan (plan) yaitu tahap penyusunan rancangan pembelajaran oleh pendidik bersama anggota komunitas belajar yang menghasilkan rancangan pembelajaran (lesson design) sebagai tolak ukur untuk melaksanakan pembelajaran; tahap pelaksanaan (do) yaitu tahap pendidik melaksanakan pembelajaran di kelas berdasarkan rancangan pembelajaran (lesson design) yang telah disusun bersama anggota komunitas belajar; dan tahap refleksi (see) yaitu tahap pendidik bersama anggota komunitas belajar mengevaluasi pembelajaran yang telah dilaksanakan pendidik untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan pembelajaran yang telah dilaksanakan. (2) Penerapan pembelajaran lesson study pada mata kuliah Ilmu Bahan Bangunan PTB FKIP UNS dapat meningkatkan kinerja pendidik, dengan presentase 74,43% pada pertemuan I; 89,74% pertemuan II; dan 92,30% pada pertemuan III. Kinerja pendidik mengalami peningkatan dari pertemuan I sampai pertemuan III sebesar 17,5%.

Kata Kunci : Lesson Study, Kompetensi, Kinerja Pendidik

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Chundakus Habsya, MS., Ars
2. Sri Sumarni, ST, M.T,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP