Penulis Utama : Suparyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1515064
Tahun : 2020
Judul : Analisis Inovasi Model Pembelajaran Melalui Lesson Study Pada Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Pendidikan Teknik Bangunan-K1515064-2020
Subyek : INOVASI, LESSON STUDY, MODEL PEMBELAJARAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Suparyanto K1515064.  “ANALISIS INOVASI MODEL PEMBELAJARAN MELALUI LESSON STUDY PADA MATA KULIAH ILMU BAHAN BANGUNAN PROGAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FKIP UNS. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari. 2020.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) adanya inovasi model pembelajaran melalui lesson study pada mata kuliah ilmu bahan bangunan; (2) capaian keaktifan belajar mahasiswa dengan adanya inovasi model pembelajaran melalui lesson study pada mata kuliah ilmu bahan bangunan..

Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian mix methods dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan teknik bangunan semester 1 kelas A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 39 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas A mata kuliah ilmu bahan bangunan pendidikan teknik bangunan FKIP UNS yang berjumlah 39 mahasiswa. Teknik pengumpulan data kualitaitif dilakukan dengan observasi pada pelaksanaan pembelajaran, wawancara kepada pengajar dan observer, serta dokumentasi sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis interaktif. Teknik pengumpulan data kuantitaif dilakukan dengan menggunakan angket keaktifan belajar mahasiswa dengan analisis yang digunakan statistik deskriptif.

Hasil penelitian menunjukan (1) terdapat inovasi model pembelajaran melalui lesson study pada mata kuliah ilmu bahan bangunan yang dibuktikan dengan menggunakan perpaduan beberapa model pembelajaran dalam setiap tindakan. (2) Dengan adanya inovasi model pembelajaran tersebut terdapat peningkatan keaktifan belajar mahasiswa yang signifikan dibuktikan dari tindakan pertama sampai dengan tindakan ketiga mengalami peningkatan sebesar 10,256%.

Kata kunci     : Inovasi, Lesson Study, Model Pembelajaran

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.PDF
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Sumarni, S.T., M.T
2. Sukatiman, S.T., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP