Penulis Utama : Rahmat Andriawan Saputra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1515071
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Serbuk Marmer Sebagai Pengganti Sebagian Agregat Halus Terhadap Daya Resap dan Kuat Tekan Paving Block
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Pendidikan Bahasa Indonesia- K1515071-2020
Subyek : PAVING BLOCK, SERBUK MARMER, DAYA RESAP, KUAT TEKAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Rahmat Andriawan Saputra PENGARUH SERBUK MARMER SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN AGREGAT HALUS TERHADAP DAYA RESAP DAN KUAT TEKAN PAVING BLOCK. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2020.

Tujuan penelitian adalah, (1) mengetahui pengaruh limbah marmer sebagai pengganti agregat halus dengan variasi 0%, 10%, 20%, 30%, 40% terhadap daya resap paving block, (2) mengetahui pengaruh limbah marmer sebagai pengganti agregat halus dengan variasi 0%, 10%, 20%, 30%, 40% terhadap kuat tekan paving block, (3) mengetahui berapakah persentase minimal penggantian serbuk marmer sebagai agregat halus dengan variasi 0%, 10%, 20%, 30%, dan 40% terhadap daya resap paving block, (4) mengetahui berapakah persentase maksimal penggantian serbuk marmer sebagai agregat halus dengan 0%, 10%, 20%, 30%, dan 40% terhadap kuat tekan paving block.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Variabel yang ada pada penelitian ini yaitu (1) daya resap dan kuat tekan sebagai variabel terikat, (2) variasi penggantian serbuk marmer 0%, 10%, 20%, 30%, 40% sebagai variabel bebas. Benda uji paving block memiliki dimensi 20 cm x 10 cm x 6 cm berjumlah 50 buah.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa, (1) ada pengaruh serbuk marmer sebagai pengganti sebagian agregat halus pada daya resap paving block, (2) ada pengaruh serbuk marmer sebagai pengganti sebagian agregat halus pada kuat tekan paving block, (3) persentase penggantian serbuk marmer yang menghasilkan daya resap minimal pada paving block dalam penelitian ini yaitu 40?ri berat paving block dengan nilai daya resap 4,053% masuk sebagai kategori mutu B, (4) persentase penggantian serbuk marmer yang menghasilkan kuat tekan maksimal pada paving block dalam penelitian ini yaitu 40?ri berat paving block dengan nilai kuat tekan 34,75 MPa masuk sebagai kategori mutu B.

Kata Kunci: Paving Block, Serbuk Marmer, Daya Resap, Kuat Tekan

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Eko Supri Murtiono, S.T., M.T.
2. Budi Siswanto, S.Pd., M.Ars
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP