Penulis Utama : Annisa Nilam Sari
NIM / NIP : K1516008
×

ABSTRAK

Annisa Nilam Sari. : “ ANALISIS KUAT TARIK BELAH DAN POROSITAS BETON GEOPOLIMER MEMADAT MANDIRI BERBASIS FLY ASH DENGAN SUBSTITUSI PARSIAL ABU SEKAM PADI “. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2020.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh abu sekam padi sebagai substitusi parsial fly ash terhadap kuat tarik belah beton geopolimer. (2) pengaruh abu sekam padi sebagai substitusi parsial fly ash terhadap porositas beton geopolimer. (3) persentase optimum penggunaan abu sekam padi untuk menghasilkan kuat tarik belah maksimum pada beton geopolimer. (4) persentase optimum penggunaan abu sekam padi untuk menghasilkan porositas minimum pada beton geopolimer.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Analisa data menggunakan uji regresi, dengan melakukan uji prasyarat normalitas, homogenistas, dan linearitas dengan bantuan program SPPS 23.0. Variabel yang terdapat pada penelitian ini adalah  (1) variabel terikat : kuat tarik belah dan porositas beton geopolimer, (2) Variabel bebas : variasi abu sekam padi sebagai pengganti subtitusi fly ash. Keseluruhan anggota populasi yang menjadi sampel penelitian ini adalah 32 sampel. Benda uji berupa silinder berdiameter 150 mm dengan tinggi 300 mm, dan silinder dengan diameter 50,8 mm dan tinggi 50 mm. Benda uji dirawat selama 28 hari dengan perwatan suhu ruang.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, (1) Adanya variasi abu sekam padi sebagai pengganti sebagian fly ash dan, berpengaruh sebesar 22,9% terhadap kuat tarik belah beton. (2) Adanya variasi abu sekam padi sebagai pengganti sebagian fly ash dan, berpengaruh sebesar 24,1% terhadap porositas beton. (3) KuattTarik Belah Maksimal sebesar 1,061 Mpa pada variasi abu sekam padi optimum sebesar 10%. (4) Porositas minimum sebesar 13,13% pada variasi abu sekam padi optimum sebesar 10%.

Kata Kunci : Abu Sekam Padi, Fly Ash, Self  Compacting Geopolymer Concrete, Porositas, Kuat Tarik Belah

×
Penulis Utama : Annisa Nilam Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1516008
Tahun : 2020
Judul : Analisis Kuat Tarik Belah dan Porositas Beton Geopolimer Memadat Mandiri Berbasis Fly Ash dengan Substitusi Parsial Abu Sekam Padi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Pendidikan Teknik Bangunan- K1516008-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ernawati Sri Sunarsih, S.T., M.Eng
2. Taufiq Lilo Adi Sucipto S.T,.M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.