Penulis Utama : Jenita Berlian Nindyasari
NIM / NIP : R0017063
×

ABSTRAK
Latar Belakang : Kegiatan proses produksi yang dilakukan oleh suatu perusahaan tidak terlepas dari adanya faktor-faktor bahaya yang berisiko mengakibatkan terjadinya kecelakaan kerja. Salah satu upaya untuk mencegah dan mengurangi dampak risiko kecelakaan kerja dengan menerapkan program inspeksi keselamatan dan kesehatan kerja. Inspeksi Keselamatan dan Kesehatan Kerja dapat menjadi salah satu upaya promotif untuk membentuk perilaku  K3 pada pekerja dan mewujudkan budaya K3 di lingkungan kerja. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi inspeksi K3 sebagai upaya pencegahan kecelakaan kerja PT INKA Multi Solusi dan tindak lanjut dari hasil inspeksi tersebut.
Metode : Metode penelitian ini  adalah metode penelitian deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan secara sistematis dan faktual mengenai impelementasi inspeksi K3 sebagai upaya pencegahan kecelakaan kerja di PT INKA Multi Solusi Madiun. Data yang diperoleh akan dibandingkan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku
Hasil : PT INKA Multi Solusi Madiun telah melaksanakan inspeksi keselamatan dan kesehatan kerja sebagai upaya untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Inspeksi yang dilakukan meliputi inspeksi formal dan informal. Inspeksi dilakukan secara teratur sesuai jadwal oleh inspektor. Namun, pada tahap pelaksanaanya, perusahaan belum membuat dokumen tertulis/prosedur tata cara inspeksi serta masih terdapat inspeksi yang belum dilakukan oleh perusahaan. Perusahaan juga belum menyediakan formulir hasil inspeksi.
Simpulan : Inspeksi yang dilakukan oleh PT INKA Multi Solusi Madiun sebagian besar telah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Namun, masih ditemukan beberapa hal belum dilakukan dan memerlukan perbaikan agar pelaksanaan inspeksi K3 dapat berjalan dengan baik.

Kata Kunci : Inspeksi Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Pencegahan Kecelakaan
INSPEKSI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA, PENCEGAHAN KECELAKAAN

 

×
Penulis Utama : Jenita Berlian Nindyasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0017063
Tahun : 2020
Judul : Implementasi Inspeksi Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja di PT. Inka Multi Solusi Madiun Jawa Timur
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Hiperkes dan Keselamatan Kerja - R0017063-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Ipop Sjarifah, M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.