Penulis Utama : Bondan Kartika Pradipta
NIM / NIP : K1516012
×

ABSTRAK

Bondan Kartika Pradipta. PERENCANAAN LABORATORIUM, STUDIO, DAN WORKSHOP PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FKIP UNS DENGAN KONSEP GREEN ARCHITECTURE. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2020.

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dan menganalisis kondisi eksisting desain laboratorium, studio, dan workshop PTB UNS dan perwujudan bangunan di kampus V UNS Pabelan, serta merencanakan dan merancang desain laboratorium, studio, dan workshop PTB UNS sesuai dengan konsep Green Architecture dan perwujudan bangunan yang telah ada di kampus V UNS Pabelan.

 

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data berasal dari informan, arsip, serta dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, menelaah dokumen, dan studi literatur. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teori. Analisis data menggunakan teknik analisis taksonomi. Prosedur penelitian terdiri dari pengumpulan data, analisis data dan pembuatan block plan, analisis data Laboratorium, Studio, dan Workshop PTB UNS, serta pembuatan desain Laboratorium, Studio, dan Workshop PTB UNS.

 

Hasil penelitian ini menghasilkan desain bangunan gedung Laboratorium, Studio, dan Workshop PTB UNS berkonsep Green Architecture yang terdiri dari poin konservasi energi, menyesuaikan dengan iklim, dan memperhatikan pengguna. Simpulan   penelitian ini adalah perencanaan dan perancangan desain bangunan gedung Laboratorium, Studio, dan Workshop PTB UNS berkonsep Green Architecture dapat menjadi solusi untuk peningkatan kualitas prasarana kampus di Universitas Sebelas Maret, khususnya di Kampus V Pabelan.

Kata kunci : Laboratorium, Studio, Workshop, Green Architecture

×
Penulis Utama : Bondan Kartika Pradipta
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1516012
Tahun : 2020
Judul : Perencanaan Laboratorium, Studio, dan Workshop Pendidikan Teknik Bangunan FKIP UNS dengan Konsep Green Architecture
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Pendidikan Bahasa Indonesia-K1516012-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Chundakus Habsya, M. S., Ars
2. Dr. Roemintoyo, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.