Penulis Utama : Myanda Azkya Arsyi
NIM / NIP : K4316044
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun instrumen tes dalam bentuk twi tier multiple choice (TTMC) untuk mengetahui pemahaman konsep siswa SMA kelas XI pada materi sistem pernapasan.
Penelitian ini menggunakan model penelitian Research and Development yang memodifikasi tahapan penelitian Borg and Gall (1983). Penelitian dilaksanakan dengan melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, desain perencanan dan pengembangan, serta validasi produk. Subjek penelitian ini yaitu dua orang guru biologi di SMA N Gondangrejo dan siswa kelas XI MIPA yang diambil dengan teknik sampling berupa random sampling. Sumber data berasal dari ahli materi, ahli instrumen evaluasi, ahli praktisi, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif presentase dan analisis data statistik menggunakan analisis Rasch.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi ahli materi, ahli konstruksi, dan ahli praktisi masuk pada kategori sangat baik. Analisis data secara statistik menggunakan analisis model Rasch menunjukkan bahwa: (a) tidak ada soal yang bias ditinjau dari jenis kelamin siswa, (b) semua item soal TTMC yang dikembangkan fit, (f) nilai person reliability 0.79 (cukup), (g) nilai item reliability 0.89 (baik), (h) tingkat kesulitan soal dibagi menjadi empat kategori meliputi kategori soal sangat mudah, mudah, sulit, sangat sulit dan (i) berdasarkan hasil perhitungan person separation dan item separation menunjukkan bahwa instrumen tes TTMC yang dikembangkan terdiri dari 4 kelompok item soal (sangat mudah, mudah, sulit, sangat sulit) untuk mengidentifikasi 3 kelompok responden (tidak paham konsep, miskonsepsi, dan paham konsep). Hasil pemetaan profil pemahaman konsep siswa pada materi sistem pernapasan menunjukkan sebesar 37,7% siswa memahami konsep, 41,6% siswa mengalami miskonsepsi, dan 20,7% siswa tidak memahami konsep. Berdasarkan hasil penelitian, instrumen tes TTMC yang dikembangkan memenuhi syarat sebagai instrumen tes yang layak digunakan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa SMA kelas XI  pada materi sistem pernapasan.

Kata   Kunci:   Instrumen   Tes;   Pemahaman   Konsep;   Rasch   Model;   Sistem Pernapasan; Two  Tier Multiple Choice

×
Penulis Utama : Myanda Azkya Arsyi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4316044
Tahun : 2020
Judul : Penyusunan Instrumen Tes Two Tier Multiple Choice untuk Mengetahui Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Sistem Pernapasan SMA Kelas XI
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Pendidikan Biologi-K4316044-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Riezky Maya Probosari, S.Si., M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.