Penulis Utama : Magdalena Puspita Ayu Mahanani
NIM / NIP : R0017070
×

ABSTRAK

Latar Belakang : PT. Pertamina adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang hulu produksi minyak dan gas bumi yang mana kegiatannya adalah eksplorasi, eksploitasi dan produksi minyak gas bumi. Potensi bahaya utama yang dapat timbul antara lain bahaya tumpahan minyak, bencana alam, semburan liar (Blow Out), kebakaran, ledakan, dan keracunan gas berbahaya. Untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja maka PT. Pertamina EP Asset 4 Field Poleng melakukan pengendalian dan pengawasan pekerjaan dengan menggunakan Surat Izin Kerja Aman (SIKA).

Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk mengetahui gambaran penerapan Surat Izin Kerja Aman (SIKA) di PT. Pertamina EP Asset 4 Field Poleng Surabaya. Pengambilan data mengenai penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, dari dokumen perusahaan dan studi kepustakaan yang berkaitan dengan SIKA.

Hasil : PT. Pertamina EP Asset 4 Field Poleng telah menerapkan Surat Izin Kerja Aman. Jenis-jenis sistem Surat Izin Kerja Aman yang diterapkan oleh PT. Pertamina EP Asset 4 Field Poleng  yaitu by pass criticall protection, pekerjaan di ketinggian, pekerjaan dingin, pekerjaan galian, pekerjaan masuk ruang terbatas, pekerjaan panas, pekerjaan pelepasan peralatan, pekerjaan penyelaman, dan pekerjaan radiografi. Namun dalam pelaksanaannya ada beberapa formulir yang diisi dengan tidak lengkap dan lampiran-lampiran yang dibutuhkan dalam penerapan SIKA terpisah dengan dokumen yang berkaitan. Serta belum melakukan inspeksi secara rutin setelah pekerjaan selesai serta belum melakukan pengecekan pengembalian izin kerja.

Simpulan : Dari hasil penelitian, disarankan sebaiknya penerapan Surat Izin Kerja Aman (SIKA) disesuaikan dengan Tata Kerja Organisasi (TKO) No. B-007/A3/EP0300/2019-S9 Revisi 4 PT. Pertamina EP tentang Surat Izin Kerja Aman (SIKA) dan Kontrol Pekerjaan Berbahaya.
Kata Kunci : Potensi Bahaya, SIKA, Upaya Perbaikan.

 

×
Penulis Utama : Magdalena Puspita Ayu Mahanani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0017070
Tahun : 2020
Judul : Gambaran Penerapan Surat Izin Kerja Aman (SIKA) di PT Pertamina Ep Asset 4 Field Poleng Surabaya
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Hiperkes dan Keselamatan Kerja - R0017070-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tyas Lilia W, S.ST., M.KKK
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.