Penulis Utama : Chandra Winiawati
NIM / NIP : K1516014
×

ABSTRAK

Chandra Winiawati, K1516014. EVALUASI PELAKSANAAN TEACHING FACTORY PADA PARAMETER BENGKEL – LABORATORIUM, MARKETING – PROMOSI, DAN PRODUK – JASA DI SMK NEGERI 2 KLATEN. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2020.

Keterampilan dalam bidang praktik sangat diperlukan untuk lulusan SMK agar bisa bersaing di dunia usaha dan dunia industri DUDI. Salah satu cara mengatasi kesenjangan antara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan dunia usaha dan dunia industri DUDI maka pemerintah mengembangkan pendidikan kejuruan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan program pembelajaran pengembangan teaching factory . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat/level pelaksanaan teaching factory ditinjau dari parameter bengkel – laboratorium, marketing – promosi, dan produk – jasa di SMK Negeri 2 Klaten.

Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian evaluatif model CIPP (Context, Input, Process, Product) dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Penelitian melewati tiga tahap utama yaitu tahap studi persiapan, tahap penelitian, dan tahap penyelesaian. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner/angket dan wawancara. Sumber data berasal dari guru jurusan bangunan bidang keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan (DPIB) dan konstruksi gedung, sanitasi, dan perawatan (KGSP). Analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif yang berbentuk persentase.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, berdasarkan hasil angket/kuesioner rata-rata persentase skor pada tiga parameter yaitu bengkel – laboratorium dimensi konteks sebesar 72,06 %, marketing – promosi dimensi input sebesar 69,74 %, produk – jasa dimensi proses sebesar 63,55 %, dan produk – jasa dimensi produk sebesar 52,6%. Kedua, dari hasil persentase skor yang dihasilkan tiga parameter tersebut dapat dikatakan bahwa pelaksanaan teaching factory pada parameter bengkel–laboratorium, marketing – promosi, dan produk – jasa sudah terlaksana dengan baik setara dengan tingkat/level 4 teaching factory.

Kata kunci: Teaching Factory, Bengkel – Laboratorium, Marketing – Promosi, Produk – Jasa.

×
Penulis Utama : Chandra Winiawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1516014
Tahun : 2020
Judul : Evaluasi Pelaksanaan Teaching Factory pada Parameter Bengkel – Laboratorium, Marketing – Promosi, dan Produk – Jasa di SMK Negeri 2 Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Pendidikan Teknik Bangunan- K1516014-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Ida Nugroho Saputro, S.T, M.Eng, IPM.
2. Aryanti Nurhidayati, S.T, M.Eng
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.