Penulis Utama : Muhamad Fahreza Rizky Wardhana
NIM / NIP : R0017076
×

ABSTRAK

Latar Belakang : Potensi bahaya yang tinggi dalam setiap proses produksinya dari mulai proses pengadaan bahan hingga proses pengemasan dan tidak hanya melibatkan tenaga kerja perusahaan tetapi juga melakukan kerja sama dengan kontraktor. Perusahaan melakukan pemenuhan dan peningkatan standar K3 ,salah satunya dengan mengembangkan Contractor Safety Management System (CSMS) yang diharapkan mampu untuk mengurangi resiko dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja serta mampu meningkatkan profit dan membangun citra perusahaan.

Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yaitu dimana penelitian tersebut memberikan gambaran mengenai penerapan Contractor Safety Management System (CSMS) yang ada di PT Pupuk Kujang Cikampek Jawa Barat.
 
Hasil Penelitian : PT Pupuk Kujang Cikampek telah menerapkan CSMS terhadap calon mitra kerja yang akan melakukan pekerjaan di kawasan PT Pupuk Kujang, akan tetapi pada penerapan tahap pra-kualifikasi di PT Pupuk Kujang ditemukan pelanggaran terhadap prosedur perusahaan yaitu sudah ditentukanya kontraktor sebelum diterbitkanya pernyataan lolos dalam tahap penilaian.

Simpulan : PT Pupuk Kujang Cikampek telah menerapkan CSMS terhadap calon rekanan sebagai upaya pencegahan terjadinya kecelakaan kerja. Namun Pada penerapan tahap pra-kualifikasi di PT Pupuk Kujang ditemukan pelanggaran terhadap prosedur perusahaan.

Kata Kunci : Contractor Safety Management System , CSMS

 

×
Penulis Utama : Muhamad Fahreza Rizky Wardhana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0017076
Tahun : 2020
Judul : Gambaran Penerapan Contractor Safety Management System (CSMS) di Pt Pupuk Kujang Cikampek Jawa Barat
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Hiperkes dan Keselamatan Kerja - R0017076-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Iwan Suryadi, SKM., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.