Penulis Utama : Nadia Noor Latifa
NIM / NIP : R0017078
×

ABSTRAK
Latar Belakang : Listrik merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi suatu industri, yakni bermanfaat untuk penerangan dan tenaga penggerak. Namun, listrik juga memiliki potensi bahaya yang dapat membahayakan bagi pemakainya. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) mempunyai peran yang sangat penting dalam mencegah dan mengendalikan potensi bahaya yang disebabkan oleh listrik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi K3 pada instalasi listrik sebagai upaya pencegahan kecelakaan kerja di PT. Pindad (Persero) Bandung.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan implementasi K3 pada instalasi listrik sebagai upaya pencegahan kecelakaan kerja di PT. Pindad (Persero) Bandung, khususnya di Divisi Tempa Cor dan Alat Perkeretaapian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan studi kepustakaan, kemudian data yang diperoleh dianalisis berdasarkan peraturan perundang-undangan yang terkait.

Hasil : PT. Pindad (Persero) Bandung melakukan implementasi K3 pada instalasi listrik melalui adanya identifikasi potensi bahaya listrik, pemeriksaan dan pengujian instalasi listrik yang dilakukan setiap satu tahun sekali oleh Perusahaan Jasa K3, pemeliharaan instalasi listrik setiap satu bulan sekali oleh teknisi K3 listrik perusahaan, upaya pencegahan dan penanggulangan bahaya listrik serta penyediaan sarana dan prasarana tanggap darurat. Upaya pencegahan dan penanggulangan bahaya listrik di PT. Pindad (Persero) Bandung dilakukan terhadap faktor manusia, faktor peralatan, faktor prosedur dan faktor lingkungan.

Simpulan : Implementasi K3 pada instalasi listrik di PT. Pindad (Persero) Bandung sebagian besar telah dilakukan dengan baik dan sesuai peraturan perundang-undangan yang terkait. Namun beberapa aspek masih kurang maksimal penerapannya, sehingga diperlukan suatu tindakan evaluasi.

Kata Kunci : Implementasi K3, Instalasi Listrik, Pencegahan Kecelakaan Kerja

 

×
Penulis Utama : Nadia Noor Latifa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0017078
Tahun : 2020
Judul : Gambaran Implementasi K3 pada Instalasi Listrik sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja di PT. Pindad (Persero) Bandung
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Hiperkes dan Keselamatan Kerja - R0017078-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Haris Setyawan, SKM.,M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.