Penulis Utama : Handy Megias Wibowo Saputro
NIM / NIP : K1516029
×

ABSTRAK

Handy Megias Wibowo Saputro K1516029. ANALISIS PENGARUH VOLUME KENDARAAN DAN KELEBIHAN BEBAN KENDARAAN (OVERLOAD) TERHADAP KINERJA PENURUNAN UMUR RENCANA JALAN. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2020.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh : (1) volume kendaraan terhadap nilai penurunan umur rencanaan jalan; (2) beban kendaraan yang berlebih terhadap nilai penurunan umur rencana jalan; (3) serta volume kendaraan dan beban kendaraan yang berlebih terhadap nilai penurunan umur rencana jalan.

            Populasi dalam penelitian ini adalah semua jalan kelas III C di kota Surakarta. Sampel yang terpilih adalah jalan Joko Tingkir dengan Teknik pengambilan sampel purpose sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan desain studi lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan survey dilapangan mengenai volume kendaraan, untuk berat kendaran didapat dari Bina Marga (1997), kemudian perhitungan persentase nilai VDF dan penurunan umur rencana menggunakan metode AASHTO (1993)

            Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) terdapat pengaruh positif antara volume kendaraan terhadap nilai penurunan umur jalan di jalan Joko Tingkir, dengan nilai penurunan umur jalan sebesar 1,3195 tahun; (2) terdapat pengaruh positf antara berat kendaraan berlebih (overload) terhadap nilai penurunan umur jalan di jalan Joko Tingkir, dengan nilai penurunan umur jalan sebesar 2,553 tahun; (3) terdapat pengaruh positif antara volume kendaraan dan berat kendaraan berlebih (overload) terhadap nilai penurunan umur jalan di Jalan Joko Tingkir, dengan nilai penurunan umur jalan sebesar 3,725 tahun.

Kata Kunci : Volume Kendaraan, Besar Kendaraan, Dan Nilai Penurunan Umur Jalan.

×
Penulis Utama : Handy Megias Wibowo Saputro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1516029
Tahun : 2020
Judul : Analisis Pengaruh Volume Kendaraan dan Kelebihan Beban Kendaraan (Overload) Terhadap Kinerja Penurunan Umur Rencana Jalan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Pendidikan Teknik Bangunan-K1516029-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Eko Supri Murtiono, S.T., M.T.,
2. Aryanti Nurhidayati, S.T., M. Eng
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.