Penulis Utama : Nunik Asri Ambarwati
NIM / NIP : R0017084
×

ABSTRAK

Latar Belakang : Perancah atau scaffolding merupakan salah satu unsur penting dalam pengerjaan struktur bangunan di suatu proyek konstruksi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengevaluasi penerapan keselamatan kerja berdasarkan AS/NZS 1576:1995 tentang Pedoman bagi Scaffolding dan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. PER.01/MEN/1980 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pada Konstruksi Bangunan pada penggunaan scaffolding jenis modular di PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Section 3.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yakni menggambarkan penerapan keselamatan kerja pada penggunaan scaffolding jenis modular di PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Section 3.
Hasil : Perusahaan telah menerpakan keselamatan kerja pada pemasangan, penggunaan dan pembongkaran scaffolding jenis modular melalui segi Man, Material, Methode, Mechine dan Environment (4M1E) melalui program-program keselamatan kerja yang telah dilakukan berdasarkan evaluasi implenentasi keselamatan kerja pada penggunaan scaffolding jenis modular.
Simpulan : Perusahaan telah berkomitmen dalam menerapkan keselamatan kerja pada penggunaan scaffolding jenis modular melalui pemenuhan standar sesuai dengan AS/NZS 1576:1995 tentang Pedoman bagi Scaffolding dan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. PER.01/MEN/1980 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pada Konstruksi Bangunan.
Kata Kunci : Scaffolding Modular, Teori Domino

 

×
Penulis Utama : Nunik Asri Ambarwati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0017084
Tahun : 20
Judul : Evaluasi Implementasi Keselamatan Kerja pada Penggunaan Scaffolding Jenis Modular sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja di PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Section 3
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 20
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Hiperkes dan Keselamatan Kerja - R0017084-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sumardiyono, SKM, M. Kes.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.