Penulis Utama : Revira Yunika
NIM / NIP : K1516056
×

ABSTRAK

Revira Yunika. K1516056. EVALUASI TEACHING FACTORY PADA  PARAMETER MANAJEMEN DAN POLA PEMBELAJARAN-TRAINING DI SMK NEGERI 2 KLATEN. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2020.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Teaching Factory yang sudah terlaksana pada Jurusan Bangunan Bidang Keahlian DPIB dan KGSP di SMK Negeri 2 Klaten ditinjau dari Parameter Manajemen dan Pola Pembelajaran-Training yang dievaluasi menggunakan model CIPP.

            Penelitian ini menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam dengan pendekatan kuantitatif deskriptif, yang bertujuan mengevaluasi program untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan tujuan dan keberhasilan terhadap pelaksanaan Teaching Factory di SMK Negeri 2 Klaten. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner/angket dan wawancara. Dengan sampel yaitu guru Jurusan Bangunan Bidang Keahlian DPIB (Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan) dan KGSP (Konstruksi Gedung, Sanitasi, dan Perawatan) di SMK Negeri 2 Klaten. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang berbentuk presentase.

            Hasil penelitian evaluasi menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan Teaching Factory dari aspek konteks sebesar 71,80% masuk kategori tinggi/baik; (2) pelaksanaan Teaching Factory dari aspek input sebesar 69,52% masuk kategori tinggi/baik; (3) pelaksanaan Teaching Factory dari aspek proses sebesar 72,94% masuk kategori tinggi/baik; (4) pelaksanaan Teaching Factory dari aspek produk sebesar 61,15% masuk kategori tinggi/baik.

Kata kunci: Teaching Factory, Evaluasi, Parameter Manajemen, Parameter Pola Pembelajaran-Training

×
Penulis Utama : Revira Yunika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1516056
Tahun : 2020
Judul : Evaluasi Teaching Factory pada Parameter Manajemen dan Pola Pembelajaran-Training di SMK Negeri 2 Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Pendidikan Teknik Bangunan- K1516056-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Ida Nugroho Saputro, S.T., M.Eng., IPM.
2. Aryanti Nurhidayati, S.T., M.Eng.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.