Penulis Utama : Alice Lestari Nugraha Sari
NIM / NIP : K2213003
×

ABSTRAK

Alice Lestari Nugraha Sari, K2213003. AN ANALYSIS OF CULTURAL CONTENT IN THE ENGLISH TEXTBOOK BAHASA INGGRIS FOR IX GRADE OF SENIOR HIGH SCHOOL.  Skripsi.  Program  Studi  Pendidikan Bahasa  Inggris.  Fakultas  Keguruan  dan  Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.       2020

Riset ini berfokus pada unsur-unsur budaya yang terkandung dalam buku pelajaran  Bahasa Inggris. Tujuan dari riset ini adalah untuk menemukan: 1) dimensi-dimensi budaya yang merepresentasikan kategori-kategori budaya, 2) kategori-kategori budaya yang terkandung dalam buku   Bahasa Inggris for IX Grade of Senior High School, dan   3) bagaimana cara kategori- kategori budaya tersebut disajikan di dalam buku Bahasa Inggris for IX Grade of Senior High School.

Peneliti menggunakan   metode kualitatif deskriptif. Peneliti mendapatkan data dari buku

 

Bahasa Inggris for IX Grade of Senior High School. Buku tersebut digunakan oleh seluruh murid

 

kelas XI di Indonesia. Analisis dokumen digunakan untuk teknik pengumpulan datanya. Untuk mempertahankan   validitas   data,   ada   dua   peneliti   menganalisis   data   tersebut.   Peneliti menganalisis data tersebut dengan menggunakan interaktif model (Miles dan Huberman, 1994); pemilahan data, pemaparan data, dan penyimpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) terdapat empat dimensi budaya—praktik, produk, perspektif, dan pribadi— merepresentasikan kategori budaya. (2) terdapat beberapa perbedaan antara  salah  satu  kategori budaya dengan kategori – kategori budaya yang lain. 150 data tersebut terdiri dari   38 data budaya tujuan, 33 data budaya asal data, 19 data budaya internasional, dan  60 data budaya lepas. (3)   media visual dan media tekstual dipergunakan untuk merepresentasikan budaya namun, media tekstual merupakan media yang lebih menonjol dipergunakan dalam mempresentasikan isi budaya.

×
Penulis Utama : Alice Lestari Nugraha Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2213003
Tahun : 2020
Judul : An Analysis of Cultural Contents in The English Textbook Bahasa Inggris For XI Grade of Senior High School
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Pendidikan Bahasa Inggris-K2213003-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muh. Asrori, M.Pd
2. Hefy Sulistyawati, S.S, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.