Penulis Utama : Masithoh Ayu Nastiti Toana
NIM / NIP : K2213041
×

ABSTRAK

Masithoh Ayu Nastiti Toana. K2213041: IMPROVING THE ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT THROUGH GUIDED QUESTIONS TECHNIQUE(A Classroom Action Research at the Tenth Grade Students of SMK Pancasila Surakarta in the Academic Year of 2017/2018). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, 2020.

            Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui (1) sejauh mana teknik guided questions mampu meningkatkan kemampuan siswa untuk menulis teks deskriptif pada siswa kelas sepuluh di SMK Pancasila Surakarta; dan (2) untuk mengetahui bagaimana situasi di dalam kelas ketika teknik guided questions diimplementasikan dalam kelas menulis.

            Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat langkah; perencanaan, implementasi, evaluasi, dan refleksi. Data dalam bentukdata kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dikumpulkan dari observasi, wawancara, catatan lapangan, dan foto. Data kualitatif didukung oleh data kuantitatif yaitu skor rata-rata pre-test dan post test siswa.Peneliti menganalisis skor rata-rata dari setiap tes untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis siswa setelah tindakan dilakukan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa guided questions dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dan situasi kelas selama proses belajar mengajar. Itu bisa dilihat dari hasil tes yang membaik. Skor rata-rata dari pre-test adalah 57,47, skor rata-rata dari post test cycle 1 adalah 67,63 dan skor rata-rata dari post test cycle 2 adalah 77,25. Situasi di dalam kelas selama proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan dan sebagian besar siswa terlibat dalam proses belajar mengajar.

Kata Kunci: Guided Questions, Teknik Guided Questions, Descriptive Text, Penelitian Tindakan Kelas, Writing

×
Penulis Utama : Masithoh Ayu Nastiti Toana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2213041
Tahun : 2020
Judul : Improving The Ability in Writing Descriptive Text Through Guided Questions Technique (A Classroom Action Research at the Tenth Grade Students of SMK Pancasila Surakarta in the Academic Year of 2017/2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Pendidikan Bahasa Inggris-K2213041-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suparno, M.Pd.
2. Dewi Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.