Penulis Utama : Rahmat Agustian
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0814105
Tahun : 2020
Judul : Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Buah Jeruk Siam (Citrus Nobilis Lour Var. Microcorpa Hassk) di Pasar Swalayan Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : surakarta - F.Pertanian - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Pertanian Program Studi Agribisnis- H0814105-2020
Subyek :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

RINGKASAN
Rahmat Agustian. H0814105. 2020. “Analisis Preferensi Konsumen terhadap Buah Jeruk Siam (Citrus nobilis Lour var.microcorpa hassk) di Pasar Swalayan Kota Surakarta”. Dibimbing oleh Dr. Ir. Heru Irianto, M,M. dan Susi Wuri Ani, S.P, M.P. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Komoditas buah-buahan merupakan peluang agribisnis yang menjanjikan bagi produsen dan pemasar. Peningkatan permintaan buah – buahan segar pada masa mendatang diprediksi akan terjadi, itu karena peningkatan jumlah penduduk, peningkatan pendapatan dan peningkatan kesadaran akan kesehatan tubuh. Peningkatan kesadaran ini akan mendorong konsumen untuk lebih menyukai buah, sehingga meningkatkan konsumsi buah tersebut, termasuk juga buah jeruk siam. Saat melakukan pembelian, konsumen selalu memperhatikan atribut yang melekat pada buah jeruk siam untuk dijadikan bahan pertimbangan karena konsumen memiliki kesukaan yang berbeda-beda pada masing-masing atribut buah jeruk siam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana preferensi konsumen terhadap atribut buah jeruk siam dalam pembelian buah jeruk siam dan atribut yang paling dipertimbangkan ketika membeli buah jeruk siam di pasar swalayan Kota Surakarta.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik. Metode pengambilan lokasi secara purposive di Kota Surakarta. Lokasi penelitian di Hypermart Solo Square, Luwes Loji Wetan, Luwes Gading dan Luwes Nusukan. Pengambilan sampel dengan metode accidental sampling dengan jumlah responden 100 orang. Jenis dan sumber data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, studi kepustakaan dan wawancara. Analisis yang digunakan adalah Analisis Chi square dan analisis sikap Multiatribut Fishbein.
Hasil chi square menunjukkan bahwa semua atribut yang diteliti berbeda secara signifikan dalam taraf kepercayaan 95%, artinya ada perbedaan preferensi konsumen terhadap atribut yang ada padabuah jeruk siam. Atribut buah jeruk siam yang paling banyak disukai konsumen adalah jeruk siam dengan harga medium, ukuran sedang, warna kuning kehijauan dan jenis siam madu. Berdasarkan hasil analisis sikap “Multiatribut Fishbein” diketahui bahwa atribut yang paling dipertimbangkan konsumen ketika membeli buah jeruk siam adalah harga, karena memiliki nilai indeks sikap (Ao) tertinggi sebesar 17,31. Sedangkan atribut yang dipertimbangkan secara berturut-turut dari yang terpenting yaitu harga, warna, ukuran dan jenis.
Berdasarkan hasil penelitian, pemasar buah jeruk siam sebaiknya dapat memasarkan buah jeruk siam yang sesuai dengan proporsi berdasarkan pereferensi konsumen dan menaruh perhatian lebih terhadap atribut harga, yang merupakan atribut yang paling di pertimbangkan konsumen buah jeruk siam di pasar swalayan Kota Surakarta.

 

File Dokumen Tugas Akhir : Tidak ada file.
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. 4. Bapak Dr. Ir. Heru Irianto, M.M.
2. 5. Ibu Susi Wuri Ani, S.P., M.P.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian