Penulis Utama : Nurul Hasanah
NIM / NIP : R0017087
×

ABSTRAK

Latar Belakang : Penyebab langsung kecelakaan berasal dari tidakan tidak aman yang menyumbang sekitar 88%, kondisi tidak aman menyumbang sekitar 8%, dan sisanya 2% yaitu disebabkan oleh hal lain misalnya takdir. Salah satu upaya untuk menurunkan angka kecelakaan kerja dengan program behavior based safety (BBS), tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan behavior based safety dengan metode DOIT.
Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif untuk mengetahui penerapan behavior based safety (BBS). Rancangan penelitian  dengan pendekatan DO IT yakni dengan membandingkan pemahaman dan kepatuhan bekerja terkait penggunaan APD sebelum dilakukan intervene dan sesudah dilakukan intervene. Teknik metode DO IT terdiri dari 4 tahap yaitu define, observ, intervene, dan test.
Hasil : Hasil penelitian mengalami peningkatan sebelum dilakukan intervene dan setelah dilakukan intervene. Hasil akhir dari penelitian untuk kategori pemahaman APD nilai rata-rata 90,6 dan untuk kategori kepatuhan APD presentasenya sebesar 91,45%.
Simpulan : PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Proyek Kereta Cepat (Jakarta- Bandung) Section 1 telah menerapkan Behavior Based Safety dengan metode DO IT sesuai dengan hasil observasi.

Kata Kunci : Behavior Based Safety (BBS), Metode DO IT, APD

 

×
Penulis Utama : Nurul Hasanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0017087
Tahun : 2020
Judul : Implementasi Behavior Based Safety (BBS) dengan Metode Do It untuk Mewujudkan Pemahaman Serta Kepatuhan Pekerja Dalam Menggunakan Alat Pelindung Diri (Apd) di Pier 506 PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Proyek Kereta Cepat (Jakarta-Bandung) Section 1
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Hiperkes dan Keselamatan Kerja - R0017087-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yulia Sari, S.Si., M. Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.