Penulis Utama : Praemordhia Ratna Maulina
NIM / NIP : R0017089
×

ABSTRAK
Latar Belakang : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penilaian Postur Kerja dengan Metode Rapid Entire Body Assesment (REBA) pada Pekerjaan Manual Handling di Area Gudang Pusat Divisi Supply Chain PT X. Banyaknya pekerjaan industri yang menggunakan teknik Manual Handling. Penggunaan postur kerja tidak ergonomis saat melakukan kegiatan Manual Handling sangat beresiko dan dapat menyebabkan gangguan sistem musculoskeletal. Kegiatan Manual Handling diperlukan penilaian terhadap postur kerja agar dapat mengendalikan dan mencegah terjadinya gangguan sistem musculoskeletal.
Metode : Jenis penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode deksriptif, yaitu mendeskripsikan atau memberi gambaran secara jelas mengenai Penilaian Postur Kerja dengan Metode Rapid Entire Body Assesment (REBA) pada Pekerjaan Manual Handling di Area Gudang Pusat Divisi Supply Chain PT X. Pengambilan data mengenai analisis postur kerja dilakukan melalui observasi lapangan ke area gedung pusat divisi Supply Chain , wawancara, dan studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian akan dibahas dengan metode REBA untuk menentukan skor akhir REBA kemudian dibandingkan berdasarkan klasifikasi atau kategori tingkat risiko postur kerja.
Hasil : Dari 5 postur kerja terdapat 4 postur kerja memiliki tingkat risiko tinggi, dan 1 postur kerja yang memiliki tingkat risiko sedang.
Simpulan : Banyaknya tingkat risiko tinggi pada postur kerja dari 5 probandus disebabkan oleh postur kerja yang kurang ergonomis, para pekerja masih menggunakan tumpuan mengangkat dengan posisi membungkuk memindahkan barang dengan cepat. Banyaknya tingkat risiko tinggi pada postur kerja dari 5 probandus disebabkan oleh postur kerja yang kurang ergonomis, para pekerja masih menggunakan tumpuan mengangkat dengan posisi membungkuk memindahkan barang dengan cepat.  Saran yang diberikan adalah upaya pengendalian dengan perbaikan postur kerja, pemberian training, inspeksi rutin, dan membuat shift kerja.
Kata Kunci : Postur Kerja, Rapid Entire Body Assesment (REBA)

 

×
Penulis Utama : Praemordhia Ratna Maulina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0017089
Tahun : 2020
Judul : Penilaian Postur Kerja dengan Metode Rapid Entire Body Assesment (Reba) pada Pekerjaan Manual Handling di Area Gudang Pusat Divisi Supply Chain PT X
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Hiperkes dan Keselamatan Kerja - R0017089-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Haris Setyawan, SKM, M.Kes,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.