Penulis Utama : Siti Siwi Wulandari
NIM / NIP : K4316061
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengaplikasikan pemanfaatan Tahura KGPAA Mangkunagoro I sebagai sumber belajar Biologi dalam bentuk media pembelajaran; (2) Mengembangkan aplikasi EML (Environment Mobile Learning) berbasis android pada materi perubahan lingkungan untuk siswa SMA/MA kelas X ; (3) Menguji kelayakan aplikasi EML (Environment Mobile Learning) berbasis android pada materi perubahan lingkungan untuk siswa SMA/MA kelas X sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran Biologi. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan model ADDIE (Brach, 2009) Subjek penelitian ini adalah 2 dosen ahli media, 2 dosen ahli materi, 1 dosen ahli pembelajaran, 2 guru dan siswa kelas X MIPA SMA. Objek penelitian kali ini adalah aplikasi EML (Environment Mobile Learning). Teknik sampling yang digunakan adalah purposive random sampling untuk uji coba siswa dan teknik jelajah (eksploratif) pada area yang ditentukan untuk penelitian di lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, serta kuisioner menggunakan angket.
Hasil validasi menunjukkan angka 89,58?ri ahli materi, 87,5?ri ahli media, 96,13?ri ahli pembelajaran, dan 81,55?ri guru Biologi. Hasil analisis data siswa dengan Pemodelan Rasch diperoleh person reliability sebesar 0,85, item reliability 0,87 dan Alpha Cronbach 0,87. Analisis data menunjukkan bahwa EML layak digunakan sebagai media pembelajaran Biologi pada materi Perubahan Lingkungan.

Kata kunci : Potensi lokal, Mobile learning, Perubahan lingkungan

×
Penulis Utama : Siti Siwi Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4316061
Tahun : 2020
Judul : Pemanfaatan Potensi Tahura Kgpaa Mangkunagoro I Melalui Pengembangan EML (Environment Mobile Learning) untuk Siswa Kelas X pada Materi Perubahan Lingkungan
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Pendidikan Biologi-K4316061-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nurmiyati, S.Pd, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.