Penulis Utama : Reza Putri Novita Sari
NIM / NIP : R0017094
×

ABSTRAK
Latar Belakang : Tempat kerja memiliki potensi bahaya kebakaran dan peledakan sehingga diperlukan upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran agar tidak terjadi kecelakaan kerja dengan menyediakan sarana pemadam kebakaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran evaluasi penyediaan Alat Pemadam Kebakaran (APAR) dan fire hydrant di PT. Kayaba Indonesia Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat.
Metode : Jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu menggambarkan tentang penyediaan  Alat Pemadam Kebakaran (APAR) dan fire hydrant di perusahaan. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan cara observasi langsung, wawancara kepada tenaga kerja serta studi kepustakaan.
Hasil : Telah dilakukan identifikasi potensi bahaya yang dapat menyebabkan kebakaran dan peledakan. Telah membentuk tim tanggap darurat yang mempunyai tugas dan tanggung jawab masing-masing. Telah disediakan sarana pemadam kebakaran yaitu Alat Pemadam Kebakaran (APAR) dan fire hydrant dan telah dilakukan pemeriksaan pemeliharaan tetapi belum secara keseluruhan.
Simpulan : Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa PT. Kayaba Indonesia Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat dalam melakukan pemeriksaan dan pemeliharaan Alat Pemadam Kebakaran (APAR) dan fire hydrant belum sesuai dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No : PER.04/MEN/1980 dan Instruksi Menteri Tenaga Kerja No : INS.11/M/BW/1997.
Kata Kunci :Kebakaran, APAR dan Fire Hydrant

 

×
Penulis Utama : Reza Putri Novita Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0017094
Tahun : 2020
Judul : Evaluasi Penyediaan Alat Pemadam Api Ringan (Apar) dan Fire Hydrant dalam Upaya Pencegahan dan Penanggulangan ebakaran di PT. Kayaba Indonesia Bekasi, Jawa Barat
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Hiperkes dan Keselamatan Kerja - R0017094-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sarsono, Drs, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.