Penulis Utama : Rizka Kurnia Putri
NIM / NIP : R0017095
×

ABSTRAK

Latar Belakang : Dari proses produksi di PT. Kayaba Indonesia menghasilkan sebagian limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) yang apabila tidak dikelola dengan baik akan membahayakan bagi lingkungan dan manusia. PT. Kayaba Indonesia merupakan penghasil dan melakukan penyimpanan sementara limbah B3. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi limbah B3, mengetahui perizinan pengelolaan limbah B3, mengetahui proses pengelolaan limbah B3 dan mengetahui sistem tanggap darurat limbah B3.

Metode : Jenis penelitian ini adalah observasional dengan metode deskriptif yang bertujuan untuk memberikan gambaran sistematis dan faktual tentang limbah B3 dan ruang lingkup pelaksanaan pengelolaan limbah B3 di PT. Kayaba Indonesia yang dilakukan melalui observasi lingkungan, wawancara dan studi pustaka. Selanjutnya data yang diperolah akan dibandingkan dengan peraturan perundang- undangan yang berlaku.

Hasil : PT. Kayaba Indonesia melakukan pengelolaan limbah B3 meliputi identifikasi limbah B3, perizinan pengelolaan limbah B3, pengelolaan limbah B3 yaitu : pengurangan, pengemasan, pemasangan simbol dan label, penyimpanan sementara, pengangkutan, pemanfaatan, rekapitulasi dan reporting limbah B3. Sistem tanggap darurat limbah B3 telah dilengkapi prosedur dan instruksi apabila terjadi kebocoran dan tumpahan limbah B3, geladi pelatihan tanggap darurat satu tahun sekali serta pemulihan fungsi lingkungan apabila terkena dampak pencemaran lingkungan.

Simpulan : Pengelolaan limbah B3 di PT. Kayaba Indonesia sebagian besar telah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Namun masih ditemukan beberapa proses yang perlu diperbaiki agar pengelolaan limbah B3 di PT. Kayaba Indonesia semakin baik.

Kata Kunci : Limbah B3, Pengelolaan Limbah B3, Sistem Tanggap Darurat Limbah B3.

 

×
Penulis Utama : Rizka Kurnia Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0017095
Tahun : 2020
Judul : Gambaran Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya Dan Beracun (B3) di PT. Kayaba Indonesia Bekasi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Hiperkes dan Keselamatan Kerja - R0017095-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ratna Fajariani, S.ST., M.KKK
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.