Penulis Utama : Suci Nur Cahyani
NIM / NIP : K4316062
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk media pembelajaran SiGN (Syncrhonisation Game for Metabolism Education), (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran SiGN (3) mengetahui karakteristik media pembelajaran SiGN), dan (4) Mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran SiGN.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (reseach and development). Model pengembangan yang digunakan di dalam penelitian ini adalah ADDIE yang terdiri dari (1) Analys, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Penelitian ini dilakukan di SMAN 5 Surakarta sebagai subjek penelitian untuk mengukur respons guru dan respons siwa terhadap game SiGN. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan oleh tiga ahli materi dan empat ahli media pembelajaran.. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket kelayakan media pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis politomi model Rasch.
Penelitian ini telah menghasilkan suatu produk media pembelajaran game edukasi bernama SiGN (Synchronisation Game for Metabolism Education) yang merupakan aplikasi yang dapat diinstal pada handphone OS android. Game SiGN dinyatakan layak oleh para ahli penilai sebagai media pembelajaran pada materi metabolisme dengan syarat adanya revisi produk. Hasil analisis model Rasch terhadap respons siswa menyatakan bahwa aspek yang memperoleh respons paling positif dari 111 siswa adalah rasa antusias siswa dalam menggunakan game SiGN, sedangkan aspek yang memperoleh respon paling negatif terhadap game SiGN adalah tentang aspek kemudahan dalam mengoperasikan game karena tidak semua siswa lihai dalam bermain menggunakan ketapel. Menurut data dari analisis DIF Rasch, seluruh aspek penilaian terhadap game SiGN sudah bersifat adil untuk seluruh kelompok siswa. Pada item nomor 1 dan 14 tentang rasa senang dan keingintahuan siswa, semua kelompok responden memberikan nilai positif terhadap kedua aspek ini dengan nilai logit yang hampir sama karena berada pada titik DIF yang berdekatan.

Kata Kunci : Media pembelajaran, game edukasi, metabolisme, ADDIE, RASCH

×
Penulis Utama : Suci Nur Cahyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4316062
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi “SIGN” (Synchronisation Game For Metabolism Education ) Berbasis Android untuk Mata Pelajaran Biologi pada Materi Metabolisme di Kelas XII
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Pendidikan Biologi-K4316062-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. 2Dr. Bowo Sugiharto, S.Pd., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.