Penulis Utama : Rizma Widhayanti Nur Fadhilla
NIM / NIP : R0017096
×

ABSTRAK
Latar Belakang : Keluhan musculoskeletal disorders (MSDs) adalah keluhan yang dirasakan pada bagian-bagian otot rangka, akibat dari pemaksaan gerakan dan penerimaan beban berat dalam jangka waktu yang lama sehingga menyebabkan keluhan yakni dari keluhan sangat ringan hingga keluhan sangat sakit. Pada proses bongkar muat, Tenaga Angkut Barang melakukan stuffing dan stripping yang melibatkan kegiatan manual handling dan jika dilakukan dengan cara yang salah dapat menyebabkan Penyakit Akibat Kerja karena postur kerja yang tidak tepat. Akibat dari postur kerja yang tidak tepat ini dapat menyebabkan pekerja memiliki risiko keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai keluhan musculoskeletal disorders pada Tenaga Angkut Barang  di PT. Terminal Teluk Lamong, Surabaya Jawa Timur.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menilai keluhan musculoskeletal disorders pada Tenaga Angkut Barang di PT. Terminal Teluk Lamong, Surabaya Jawa Timur dengan menggunakan Nordic Body Map sebagai alat ukur keluhan musculoskeletal disorders.
Hasil : Data yang diperoleh dari penilaian musculoskeletal disorders dengan menggunakan Nordic Body Map menunjukkan bahwa keluhan terbanyak terdapat pada leher bagian atas dan betis kiri, namung tingkat keluhan musculoskeletal disorders pada Tenaga Angkut Barang di PT. Terminal Teluk Lamong masih dalam kategori rendah.
Kesimpulan : Keluhan musculoskeletal disorders pada Tenaga Angkut Barang masih dalam kategori rendah yang artinya area kerja belum diperlukan adanya upaya perbaikan pada desain stasiun kerja.
Kata Kunci : Musculoskeletal Disorders, Nordic Body Map

 

×
Penulis Utama : Rizma Widhayanti Nur Fadhilla
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0017096
Tahun : 2020
Judul : Penilaian Keluhan Musculoskeletal Disorders pada Tenaga Angkut Barang (TAB) di PT. Terminal Teluk Lamong Surabaya Jawa Timur
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Hiperkes dan Keselamatan Kerja - R0017096-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ratna Fajariani, S.ST., M.KKK
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.