Penulis Utama : Deffi Melya Ernanti
NIM / NIP : C0214016
×

Deffi Melya Ernanti. C0214016. 2020. Metafora pada Laman Republika.co.id Kanal Leisure Skripsi: Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana bentuk metafora yang digunakan pada laman Republika.co.id kanal Leisure? dan (2) Bagaimana jenis metafora yang digunakan pada pada laman Republika.co.id kanal Leisure menurut teori metafora Ullman?
Tujuan  penelitian  ini  mencakup  dua  hal,  yakni:  (1)  Mendeskripsikan bentuk metafora yang digunakan pada laman Republika.co.id kanal Leisure, dan (2) Mendeskripsikan jenis metafora yang digunakan pada laman Republika.co.id kanal Leisure  menurut teori metafora Ullman.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan semantik. Adapun data dalam penelitian ini adalah kata, frasa, klausa, atau kalimat yang mengandung metafora pada feature laman Republika.co.id kanal Leisure. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dan teknik catat. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan metode padan referensial dengan teknik pilah unsur penentu dan teknik hubung banding menyamakan hal pokok. Metode penyajian analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik penyajian informal.
Dari  analisis  terhadap  140  buah  data  dapat  ditarik  simpulan  sebagai berikut. Pertama, bentuk metafora pada data adalah metafora nominatif, metafora komplementatif, metafora predikatif, dan metafora kalimatif. Pada penelitian ini paling banyak  ditemukan  metafora  komplementatif  sebanyak  67  buah.  Kedua, jenis metafora pada data adalah metafora antropomorfik, metafora binatang, metafora  relasi  abstrak-konkret,  dan  metafora  sinaestetik.  Pada  penelitian  ini paling banyak ditemukan metafora relasi abstrak-konkret, yakni sebanyak 108 buah.

Kata kunci: metafora, bentuk metafora, jenis metafora

×
Penulis Utama : Deffi Melya Ernanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0214016
Tahun : 2020
Judul : Metafora Pada Laman Republika.Co.Id Kanal Leisure
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2020
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya-C0214016-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Henry Yustanto, M.A
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.