Penulis Utama : Fatcha Primada Ahmad
NIM / NIP : R0214035
×

ABSTRAK

Latar Belakang : Keselamatan dan kesehatan kerja adalah suatu pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan baik jasmani maupun rohani tenaga kerja pada khususnya, dan manusia pada umumnya, hasil karya dan budaya untuk menuju masyarakat adil dan makmur. Terciptanya keselamatan dan kesehatan kerja dapat dibuktikan dengan rendahnya angka kecelakaan kerja. Tujuan dari penelitian adalah menganalisis hubungan antara pengetahuan k3 dengan perilaku aman pada pekerja bagian gudang di PT. Jamu Air Mancur Karanganyar. Sebagian besar kecelakaan kerja disebabkan oleh faktor manusia dengan tindakan yang tidak aman, perilaku tidak aman merupakan suatu tindakan atau perbuatan dari seseorang atau beberapa orang karyawan yang memperbesar kemungkinan terjadinya kecelakaan terhadap pekerja. Faktor internal yang mempengaruhi perilaku aman adalah persepsi, nilai, sikap, keyakinan, perasaan, pemikiran, dan kepribadian, sedangkan faktor eksternal mencakup pelatihan, pengakuan, pengawasan secara aktif dan kepatuhan terhadap peraturan

Metode : Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian analitik observasional. Penelitian dilaksanakan dengan rancangan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pekerja bagian gudang PT Jamu Air Mancur yang berjumlah 70 orang dengan sampel sebanyak 30 pekerja. Subyek diambil dari populasi dengan cara simple random sampling. Variabel bebas penelitian adalah pengetahuan pekerja mengenai keselamatan dan kesehatan kerja sedangkan variabel terikat yaitu perilaku aman . Data dianalisis secara statistik menggunakan uji spearman.

Hasil : Penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara pengetahuan K3 dengan perilaku aman. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai signifikan (p) = 0,0001 dengan Koefisien Korelasi (r) = 0,620.

Simpulan : Bahwa terdapat hubungan positif antara pengetahuan K3 dengan perilaku aman.pekerja bagian gudang PT Jamu Air Mancur Karanganyar.

Kata Kunci : Pengetahuan K3, Perilaku Aman.

 

×
Penulis Utama : Fatcha Primada Ahmad
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0214035
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Pengetahuan K3 dengan Perilaku Aman pada Pekerja bagian Gudang PT. Jamu Air Mancur Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Hiperkes dan Keselamatan Kerja - R0214035-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Haris Setyawan., SKM., M.Kes
2. Dr. Isna Qodrajati, dr., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.