Penulis Utama : Ahkamil Hakim Fashli
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0216006
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Tingkat Pengetahuan Bahaya Kebakaran dengan Perilaku Pengendalian Kebakaran pada Penghuni Rumah Susun Sewa Mojosongo Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIV Hiperkes dan Keselamatan Kerja - R0216006-2020
Subyek : PENGETAHUAN BAHAYA KEBAKARAN, PERILAKU PENGENDALIAN KEBAKARAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Latar Belakang: Kebakaran pada bangunan gedung dapat menimbulkan kerugian berupa  korban  jiwa,  harta  benda,  terganggunya  proses  produksi  dan  jasa, kerusakan lingkungan dan terganggunya ketenangan masyarakat. Kebakaran dapat ditimbulkan karena adanya perilaku dari seseorang yang kurang baik, seperti penggunaan  alat  listrik  yang  ceroboh,  perilaku  merokok,  kelalaian pemakaian minyak tanah dan lilin. Perilaku pengendalian kebakaran merupakan salah satu faktor manusia yang dapat mengurangi dampak terjadinya kebakaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan bahaya kebakaran dengan perilaku pengendalian kebakaran.

Metode: Metode pada penelitian ini adalah metode penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Responden pada penelitian ini adalah penghuni Rumah Susun Sewa Mojosongo Kota Surakarta sejumlah 74 responden dari 392 penghunu. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Alat ukur pada penelitian ini adalah kuesioner untuk mengukur tingkat pengetahuan bahaya kebakaran dan juga perilaku pengendalian kebakaran. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi Somers’d.

Hasil: Hasil uji korelasi Somers’d menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel tingkat pengetahuan bahaya kebakaran dengan perilaku pengendalian kebakaran dengan nilai (p=0,0001), dan korelasi sebesar (r = 0,767) dengan arah korelasi (+). Dimana memiliki nilai korelasi yang kuat dan menunnjukkan  bahwa  semakin  tinggi  tingkat  pengetahuan  bahaya  kebakaran maka semakin baik pula perilaku pengendalian kebakaran, begitu sebaliknya.

Kesimpulan: Terdapat hubungan signifikan antara tingkat pengetahuan bahaya kebakaran dengan perilaku pengendalian kebakaran dengan arah hubungan yang positif. Peningkatan pengetehuan akan meningkatkan perilaku pengendalian penghuni dalam pengendalian kebakaran.

Kata Kunci : Pengetahuan Bahaya Kebakaran, Perilaku Pengendalian Kebakaran

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BEBAS PERPUSTAKAAN-R0216006-Skripsi-Ahkamil Hakim Fashli2.pdf
1. Halaman Judul.pdf
2. BAB I.pdf
3. BAB II.pdf
4. BAB III.pdf
5. BAB IV.pdf
6. BAB V.pdf
7. BAB VI.pdf
8. Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yeremia Rante Ada’, S.Sos., M.Kes.
2. Sarsono, Drs., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi