Penulis Utama : Aprilia Anggun Mia Adi Purna Asmara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0216016
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Tingkat Pengetahuan tentang Kebakaran dengan Kesiapsiagaan Bencana Kebakaran pada Pekerja Bagian Produksi PT Semar Mas Garment
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIV Hiperkes dan Keselamatan Kerja - R0216016-2020
Subyek : PEGETAHUAN, KESIAPSIAGAAN, KEBAKARAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Pendahuluan  :  Industri  garmen  merupakan  industri  yang  memiliki  potensi bahaya kebakaran. Kebakaran yang terjadi disebabkan masih kurangnya pengetahuan, pemahaman dan kesiapsiagaan dalam mencegah dan menanganinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan tentang kebakaran dengan kesiapsiagaan bencana kebakaran pada pekerja bagian produksi PT Semar Mas Garment.

Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan desain cross sectional. Subjek penelitian yang digunakan adalah pekerja bagian produksi PT Semar Mas Garment dengan populasi 213 pekerja. Teknik sampling  yang  digunakan  pada  penelitian  ini   adalah  purposive  sampling. Sebanyak 62 subjek penelitian telah memenuhi kriteria yang ditetapkan peneliti. Data diolah menggunakan SPSS dengan uji korelasi somers’ d.

Hasil Penelitian : Tingkat pengetahuan tentang kebakaran pada pekerja bagian produksi PT Semar Mas Garment didapatkan hasil skor rata-rata 54,68% (kategori kurang baik) sedangkan hasil skor rata- rata tingkat kesiapsiagaan bencana kebakaran sejumlah 64,27 (kategori sedang) . Dari hasil uji statistik dengan somers’d didapatkan nilai signifikansi p=0,000, r=0,425. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan tentang kebakaran dengan kesiapsiagaan bencana kebakaran dengan tingkat sedang

Simpulan Penelitian :  Terdapat  hubungan  antara  tingkat  pengetahuan  tentang kebakaran dengan kesiapsiagaan bencana kebakaran pada pekerja bagian produksi PT Semar Mas Garment.

Kata Kunci : Pegetahuan, Kesiapsiagaan, Kebakaran

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
SCAN.pdf
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tutug Bolet Atmojo, S.KM., M.Si.
2. Yusuf Ari Mashuri, dr., M.Sc
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi