Penulis Utama : Tiara Auliya
NIM / NIP : K2215061
×

ABSTRAK

Tiara Auliya.  K2215061.  The Factors Affecting Speaking Anxiety: A Case Study At Junior High School. A Thesis. Surakarta. Teacher Training and Education Faculty. Universitas Sebelas Maret. 2020.

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan dalam berbicara dan strategi yang dapat mengurangi kecemasan dalam berbicara untuk mengatasi kecemasan berbicara peserta didik. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru dan 28 peserta didik, kelas VII di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Surakarta.  Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan purposive sampling dalam memilih partisipan dalam  penelitian  ini.   Semua  peserta  didik   berpartisipasi  dalam  menjawab kuisioner dan sepuluh peserta didik dipilih sebagai narasumber wawancara. Data penelitian ini dikumpulkan melalui melalui observasi, kuesioner, dan wawancara. Data dianalisa dalam lima fase siklus. Ada menyusun, mengacak, memasang kembali, menafsirkan, dan menyimpulkan. Temuan mengungkapkan bahwa; (1) sebagian besar peserta didik dilaporkan memiliki tingkat sedang dalam kecemasan berbicara, (2) penelitian ini menemukan enam faktor yang mempengaruhi kecemasan berbicara peserta didik. Ada kesulitan dalam berbicara bahasa Inggris, kurangnya persiapan, kurangnya partisipasi dalam kelas, takut melakukan kesalahan, malu menerima kritik, dan kurang percaya diri (3) penelitian ini menemukan tiga strategi yang dapat mengurangi kecemasan berbicara siswa yaitu kegiatan kelas hubungan guru-peserta didik, dan koreksi guru. Guru dan peserta didik harus menyadari bahwa kecemasan berbicara adalah masalah serius bagi peserta didik.

Kata Kunci: Cara Mengurangi Kecemasan Dalam Berbicara, Faktor Kecemasan Dalam Berbica, Kecemasan Dalam Berbicara, Sekolah Menengah Pertama, Studi Kasus

×
Penulis Utama : Tiara Auliya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2215061
Tahun : 2020
Judul : The Factors Affecting Speaking Anxiety: A Case Study at Junior High School
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
Kolasi :
Sumber : UNS-F.KIP-Pendidikan Bahasa Inggris -K2215061- 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Joko Nurkamto, M.Pd
2. Dewi Cahyaningrum, S.Pd. M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.