Penulis Utama : Dinda Malyndra Mursito Putri
NIM / NIP : K2216018
×

ABSTRAK

Dinda Malyndra Mursito Putri. K2216018. STUDENTS’ WILLINGNESS TO COMMUNICATE IN EXTRAMURAL ENGLISH ACTIVITIES IN DIGITAL EFL CONTEXT: A NARRATIVE INQUIRY RESEARCH FOR UNDERGRADUATE STUDENTS. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, 2020.

Penelitian ini bertujuan untuk menceritakan kesediaan siswa untuk berkomunikasi terkait dengan aktivitas luar sekolah mereka di media sosial yang mereka gunakan. Partisipan penelitian adalah tiga siswa perempuan dan satu siswa laki-laki di salah satu universitas negeri di Indonesia yang telah mengikuti program pelatihan guru internasional dan merupakan pengguna media sosial yang aktif.

Untuk penelitian ini, peneliti menggunakan metode penyelidikan naratif. Peneliti mengumpulkan data dari wawancara dan dokumentasi. Peneliti mewawancarai setiap partisipan dua kali dan dokumen diperoleh dari interaksi atau aktivitas partisipan di media sosial mereka. Data dianalisis mengikuti tiga langkah analisis tematik dari Barkhuizen, et al. (2014).

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa aktivitas siswa di media sosial memotivasi siswa untuk memiliki keinginan untuk berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris. Aktivitas siswa di media sosial membawa dampak positif terhadap keinginan siswa untuk berkomunikasi. Hasil ini memvalidasi pandangan yang ada tentang topik IDLE dan WTC.

Penelitian ini dapat membantu peneliti di masa depan, mereka dapat menggunakan hasil penelitian naratif dengan topik kesedian untuk berkomunikasi dengan Bahasa Inggris di masa depan, dan memungkinkan para peneliti di masa depan untuk mempertimbangkan konteks EFL digital ketika melakukan penelitian tentang kesediaan untuk berkomunikasi dengan Bahasa Inggris. Peneliti berharap siswa dapat menjadi pelajar yang mandiri dengan memanfaatkan media sosial seperti Youtube, Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, dan Line untuk meningkatkan kemampuan mereka berkomunikasi dengan Bahasa Inggris. Guru dapat menggunakan media sosial untuk membantu siswanya agar bersedia berkomunikasi secara tertulis dengan cara yang lebih menyenangkan, karena media sosial dapat membantu memotivasi siswa untuk lebih sering berkomunikasi.

Kata kunci: Kesediaan Untuk Berkomunikasi, Pembelajaran Informal Bahasa Inggris Secara Digital, Penyelidikan Naratif.

×
Penulis Utama : Dinda Malyndra Mursito Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2216018
Tahun : 2020
Judul : Students’ Willingness to Communicate in Extramural English Activities in Digital EFL Context: A Narrative Inquiry Research for Undergraduate Students
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
Kolasi :
Sumber : UNS-F.KIP-Pendidikan Bahasa Inggris -K2216018- 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muhammad Asrori, M.Pd.
2. Dr. Nur Arifah Drajati, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.