Penulis Utama : Gracia Putri Sang Dewayani
NIM / NIP : K2216028
×

ABSTRAK

Gracia Putri Sang Dewayani. K2216028. HIGHER ORDER THINKING SKILL QUESTIONS IN READING COMPREHENSION EXERCISES (AN ANALYSIS IN ENGLISH LANGUAGE TEXTBOOK FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS). Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2020.

Higher order thinking skill (HOTS) adalah standar hasil yang penting dari pendidikan yang lebih tinggi dalam disiplin apapun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana higher order thinking skill dan indikator keterampilan membaca dinilai dalam pertanyaan latihan pemahaman membaca pada buku teks Bahasa Inggris untuk siswa kelas dua belas oleh Kementerian Pendidikan dan Budaya Indonesia.

Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif, yang mengacu pada analisis isi. Peneliti menganalisis isi pada buku teks, khususnya pada latihan pemahaman membaca. Selain itu, peneliti menggunakan perhitungan statistik yang sangat sederhana untuk menentukan distribusi dari setiap tingkat taksonomi Bloom versi revisi, terutama tingkat pemikiran tinggi, dan indikator keterampilan membaca. Data dianalisis menggunakan model interaktif dari Miles and Huberman (1994).

Temuan dari penelitian ini adalah: (1) higher order thinking skill mendapatkan proporsi yang rendah dalam soal-soal latihan pemahaman membaca. Dalam buku teks, hanya ada keterampilan menganalisis dan keterampilan mengevaluasi yang disajikan dalam soal-soal latihan pemahaman membaca sementara keterampilan menciptakan tidak ditemukan; dan (2) indikator keterampilan membaca tidak sepenuhnya dinilai dari soal-soal latihan pemahaman membaca dalam buku teks Bahasa Inggris untuk siswa kelas dua belas oleh Kementerian Pendidikan dan Budaya Indonesia. Buku teks tersebut hanya menilai indikator topik, makna eksplisit, dan makna implisit.

Kata kunci: Higher Order Thinking Skill, Keterampilan Membaca, Buku Teks, Analisis Isi.

×
Penulis Utama : Gracia Putri Sang Dewayani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2216028
Tahun : 2020
Judul : Higher Order Thinking Skill Questions in Reading Comprehension Exercises (an Analysis in English Language Textbook for Senior High School Students)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
Kolasi :
Sumber : UNS-F.KIP-Pendidikan Bahasa Inggris -K2216028- 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ngadiso, M.Pd
2. Teguh Sarosa, S.S., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.