Penulis Utama : Zango Anisa Agni
NIM / NIP : K2216068
×

ABSTRAK

Zango Anisa Agni. K2216068. EVALUATING GENDER REPRESENTATION OF AN ENGLISH LANGUAGE TEXTBOOK FOR TENTH GRADE SENIOR HIGH SCHOOL STUDENT: A CONTENT ANALYSIS. Skripsi Program studi Pendidikan Bahasa Inggris di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, 2020.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah buku Bahasa Inggris kelas sepuluh yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia mengandung kesetaraan gender dengan (1) Memetakan proporsi representasi visual dan tekstual laki-laki dan perempuan; dan (2) Mendeskripsikan bagaimana laki-laki dan perempuan diperlakukan di dalam buku teks. Objek penelitian ini adalah buku Bahasa Inggris kelas sepuluh berjudul “Bahasa Inggris” yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia tahun 2018.

Dalam melakukan penelitiaan ini, peneliti menggunakan desain penelitian analisis konten. Dalam penelitian ini, peneliti fokus mengevaluasi representasi gender di semua bab dalam buku. Peneliti mengembangkan indikator representasi gender dalam buku dari penelitian Porreca (1984), Lee (2014) and Qatawneh and Rawashdeh (2019). Data dianalisis mengikuti tujuh langkah prosedur analitis dari Marshall and Rossman (2006).

Penelitian ini menemukan bahwa Buku Bahasa Inggris kelas sepuluh berjudul “Bahasa Inggris” yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia tahun 2018 diindikasikan bias gender, jadi buku ini harus digunakan secara hati-hati. Terdapat representasi yang tidak sama dalam kedua gender. Dalam buku teks, representasi perempuan lebih sedikit dari laki-laki secara tekstual dan visual. Selain itu, aktivitas, peran, dan okupasi perempuan terbatas. Selain itu, pola penyebutan laki-laki dan perempuan dalam satu frasa juga memperlihatkan suatu bias yang ditunjukkan dengan kebanyakan laki-laki disebutkan pertama sebelum perempuan. Selain itu, kata sifat positif yang merepresentasikan laki-laki lebih tinggi daripada perempuan, sedangkan kata sifat negatif yang merepresentasikan perempuan lebih tinggi daripada laki-laki.

Kata kunci: Representasi Gender, Buku Elt, Gender Stereotipe.

×
Penulis Utama : Zango Anisa Agni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2216068
Tahun : 2020
Judul : Evaluating Gender Representation of An English Language Textbook for Tenth Grade Senior High School Student: A Content Analysis
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
Kolasi :
Sumber : UNS-F.KIP-Pendidikan Bahasa Inggris - K2216068- 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Endang Setyaningsih, S. Pd., M. Hum.
2. Teguh Sarosa, S. S., M. Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.