Penulis Utama : Hafni Wilda Ristiyawati
NIM / NIP : K2314015
×

ABSTRAK

Hafni Wilda Ristiyawati. K2314015. REMEDIASI PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL CORE PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari, 2020.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa remediasi pembelajaran Fisika menggunakan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) dapat meningkatkan kemampuan kognitif Fisika peserta didik pada materi Momentum dan Impuls kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Nogosari Tahun Ajaran 2017/2018 dalam mencapai KKM. KKM yang harus dicapai adalah 60. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan rancangan one group pre-test and post-test. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik X MIPA SMA Negeri 1 Nogosari Tahun Ajaran 2017/2018 dan sampel yang diambil adalah peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Nogosari yang berjumlah 28 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Data diperoleh melalui tes kemampuan kognitif yaitu pre-test dan post-test. Teknik analisis data dengan uji t. Berdasarkan uji hipotesis nilai pembanding, nilai pos tes mencapai KKM, sedangkan berdasarkan uji t perbedaan rata-rata diperoleh nilai prates dan pos tes berbeda. Nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu thitung= 14,76  > ttabel= 1,701. Besarnya peningkatan berdasarkan uji gain yaitu 0,585 yang termasuk dalam kategori sedang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa prestasi belajar peserta didik setelah remediasi lebih baik dalam membantu peserta didik mencapai ketuntasan. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, dapat ditarik kesimpulan bahwa remediasi pembelajaran Fisika menggunakan model pembelajaran CORE dapat meningkatkan kemampuan kognitif Fisika peserta didik kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Nogosari. Peserta didik yang mencapai KKM pada saat pre-test sebesar 28,5 %. Setelah dilakukan pembelajaran remediasi dengan model pembelajaran CORE, peserta didik yang mencapai KKM mengalami peningkatan pada saat post-test menjadi 96,4 %.

Kata Kunci : Pembelajaran Remediasi, Core, Kognitif, Momentum Dan Impuls.

×
Penulis Utama : Hafni Wilda Ristiyawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2314015
Tahun : 2020
Judul : Remediasi Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Core pada Materi Momentum dan Impuls untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Fisika Peserta Didik Kelas X SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-F.KIP-Pendidikan Fisika-K2314015-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Surantoro, M.Si
2. Elvin Yusliana Ekawati, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.