Penulis Utama : Finna Aqhninna
NIM / NIP : K7516033
×

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 di Perpustakaan pusat UNS, untuk mengetahui faktor pendukung dalam implementasi ISO 9001:2015 di Perpustakaan pusat UNS, dan untuk mengetahui kendala implementasi dan solusi untuk mengatasi kendalan tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pendekatan penelitian melalui penelitian deskriptif dengan mempelajari fenomena-fenomena yang ada. Subjek penelitian adalah Kepala perpustakaan pusat UNS, Tim ISO, dan Pegawai. Instrumen penelitian berasal  dari peneliti itu sendiri. Sumber data berasal dari Informan, Lokasi dan Dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunaan teknik triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan teknik analisis data tematik. Prosedur penelitian menggunakan model sistematis dan berurutan.
Hasil penelitian yang pertama menunjukkan bahwa implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 pada perpustakaan pusat UNS mengunakan PDCA (Plan-Do-Check- Act). Plan perencanaan dari TM ISO. Do berkaitkan dengan pembuatan struktur manajemen, produk, dan juga infrastruktur. Check melakukan pemantauan ulang atau pengawasan apakah pelaksanaan ini sudah terkontrol secara sistematis maupun efektif. Act adanya tindak lanjut pencegahan kesalahan atau sifatnya yang korektif. Dalam penelitian ini menemukan keunikan implementasi ISO 9001 yaitu adanya konsep RATULISA, Angkringan Baca, dan Warung Pustaka. Kedua, implementasi ini berjalan dengan baik karena didukung beberapa faktor yaitu, komitmen semua unit kerja, sarana-prasarana yang baik dan dokumen yang lengkap. Ketiga, ada kendala terkait kurangnya komunikasi dan keterlabatan penyusunan dokumen. Solusi yang diberikan untuk mengatasi kendala kurangnya komunikasi antarlini tersebut peran manajemen muncak atau pemimpin sangat mempengaruhi dalam membangun komunikasi terarah dan untuk mengatasi keterlabatan TIM ISO melakukan controlling dan Approve ke divisi penjaminan mutu.

Kata Kunci: ISO 9001, Perpustakaan, Plan-Do-Check-Act

 

×
Penulis Utama : Finna Aqhninna
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7516033
Tahun : 2020
Judul : Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 Pada Perpustakaan Pusat UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Kolasi :
Sumber : UNS-F.KIP, Jur. Pendidikan Administrasi Perkantoran-K7516033-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Wiedy Murtini, M.Pd
2. Dr. Cicilia Dyah Sulistyaningrum I, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.